Bahaya Minum Kopi Saat Perut Kosong

Bagi mereka yang punya masalah dengan pencernaan, minum kopi dalam keadaan perut kosong bisa jadi bencana. Tak hanya bagi mereka yang punya masalah pencernaan, rupanya minum kopi dalam keadaan perut kosong juga berbahaya bagi mereka yang berperut sehat.

1. Asam Lambung Naik

Meski rasanya pahit, kopi mengandung asam. Minum kopi dalam keadaan perut kosong dapat meningkatkan kadar asam lambung. Asam lambung bersifat korosif dan bisa merusak lambung jika didiamkan tanpa isi apapun apalagi ditambah dengan kopi.

2. Gangguan Penyerapan Nutrisi

Kopi dikenal mengandung kafein. Kafein berperan dalam mempercepat pengeluaran cairan dalam tubuh melalui kinerja ginjal. Orang yang gemar minum kopi, juga gemar ke kamar kecil untuk buang air karena kafein. Hal ini mengakibatkan tubuh tak memiliki waktu untuk penyerapan mineral seperti, seng, magnesium, kalsium serta mineral penting lainnya.

3. Dehidrasi

Selain mengganggu penyerapan mineral penting, minum kopi saat perut kosong berakibat pada dehidrasi. Sering buang air kecil membuat tubuh kehilangan cairan secara drastis. Dehidrasi dapat membuat tubuh lemas, sakit kepala bahkan pingsan.

4. Produksi Hormon Serotonin Terhambat

Kopi sebagai menu sarapan tanpa diawali makanan membuat produksi hormon serotonin terhambat. Padahal hormon ini bertanggungjawab atas perasaan senang, kebahagiaan, dan rasa nyaman. Kekurangan hormon serotonin dapat mengakibatkan penyakit yang berhubungan dengan mental misalnya depresi.

Dilansir dari Natural Society, minum kopi saat perut kosong bisa mengakibatkan ‘terbuangnya’ hormon kortisol atau hormon stres langsung pada aliran darah. Akibatnya, tubuh jadi haus akan asupan gula, sulit berpikir jernih dan mengganggu pola tidur.

Fakta-Fakta Sebuah Kopi

kopi

Kebiasaan minum kopi sambil Bersantai sudah menjadi kebiasaan dan menjadi gaya hidup bagi kebanyakan orang. Khususnya pria, namun sepertinya banyak juga wanita yang mulai menyukai gaya hidup seperti tadi. Akan tetapi, tahukah kamu dari mana asal kopi atau bagaimana proses biji kopi diolah menjadi berbagai jenis minuman? Pasti lebih banyak yang tidak tahu. Nah, di bawah ini penjelasan singkat dan padat mengenai fakta-fakta yang menarik tentang kopi.

1. Penemu Kopi yang Pertama Adalah seekor Kambing

Berdasarkan legenda, zaman dulu ada seorang gembala kambing di Etiopia yang penasaran mengapa sekumpulan ternak kambingnya tiba-tiba menjadi hiperaktif dan lincah setelah memakan biji-biji tanaman liar, yang sekarang dikenal dengan nama kopi. Tentunya kita semua tau menebak alasannya. Hal itu dikarenakan efek kafein dari biji kopi yang dimakan kambing-kambing tersebut.

2. Dulu Kopi Bukan Diminum, Tapi Dimakan

Tentunya masih banyak yang belum tau kalau dulu kopi merupakan makanan camilan beberapa suku di Afrika. Cara mereka memakan kopi adalah dengan melumuri biji-biji kopi dengan lemak hewan. Mereka menamai jenis hidangan ini bola energi dan mereka biasa menyantapnya dengan anggur sebagai pelengkap.

3. Terkenalnya Kopi Didukung Oleh Kebangkitan Islam

Seiring dengan semakin luasnya penyebaran agama Islam demikian juga dengan terkenalnya kopi. Oleh karena ajaran agama Islam tidak boleh minum minuman beralkohol, maka secara sengaja atau tidak sengaja para penganut Islam pun menggantinya dengan minuman yang tidak beralkohol, yang mana salah satunya adalah kopi yang paling disukai.

4. Kopi Pernah Dilarang di Inggris

Pada tahun 1675, semua rumah kopi di Inggris dilarang oleh Raja Inggris. Hal ini dikarenakan tempat-tempat tersebut dicurigai sebagai tempat perkumpulan oknum-oknum yang berkonspirasi untuk merencanakan perlawanan terhadapnya.

5. Kopi Arabica Lebih Disukai Penikmat Kopi

Faktanya sebagian besar penggemar minuman kopi lebih menyukai kopi jenis Arabica. Selain rasanya lebih ringan, aromanya juga lebih nikmat. Persentase penikmat kopi Arabica ada sebanyak 70 persen dan sisanya lebih menyukai dan menikmati kopi Robusta. Rasa kopi Robusta lebih pahit dibanding kopi Arabica dan mengandung kaffeine 50 persen lebih banyak jika dibandingkan dengan kopi Arabica.

6. Kopi Metupakan Komoditas Kedua yang Terbanyak Diperjual-belikan

Selain dari sisi kesehatan dan gaya hidup, kopi juga menhadi komoditas yabg terbanyak kedua diperdagangkan. Hal ini menunjukkan bahwa kopi selain diminati oleh banyak orang, juga menjadi objek bisnis yang menggiurkan. Banyak petani yang berminat untuk nenanam kopi karena harga jualnya stabil dan terbilang lumayan.

7. Kopi Instan Diciptakan oleh George Washington

Jika kamu mendengar nama George Washington, yang timbul di bensk kamu pasti seorang mantan presiden Amerika Serikat. Tapi terkecoh dulu, yang dimaksud di sini bukan George Washington presiden pertama Amerika Serikat, tapi seorang asal Belgia yang memiliki nama yang sama. Pada saat dia tinggal di daerah Guatemala dia punya ide membuat kopi instan dan mulai menjualnya sekitar setahun kemudian pada saat dia pindah ke Amerika. Dia menemukan ide dan membuat kopi instan pada tahun 1906.

8. Kenapa Espresso Jauh Berbeda Dengan Minuman Kopi yang Lain?

Sebagian orang mengura bahwa Espresso adalah salah satu dari sekian banyak jenis biji kopi atau bahan pelezat yang di campur pada minuman. Padahal bukan, melainkan Espresso merupakan tehnik unik bagaimana minuman kopi dibuat. Kopi ditekan pada wadah yang bulat sampai padat, pada saat ditekan air panas 95 derajat dituang ke dalamnya. Kemudian, hasil tetesan kopi tersebutlah yang dinamakan dengan sebutan Espreso. Dengan berbagai eksperimen untuk menciptakan minuman unik dan nikmat, Espreso banyak digunakan sebagai campuran berbagai jenis minuman. Pasangan yang sering dicampurkan dengan Espreso adalah sirup coklat, susu dan whipped cream, alhasil banyak minuman unik yang nikmat berhasil diciptakan, contohnha kopi Mocha, Cafe Latte, dan Cappucino.

9. Minuman Americano

Kata Americano mulai ada berawal pada saat pasukan GI Amerika berperang di PD 2, di mana mereka sering memesan kopi Espresso dan mencampur dengan air lebih banyak dari biasanya. Hal teesebut dilakukan agar rasanya tidak terlalu keras. Selain itu, muncul juga suatu stilah “a cup of Joes” yang dikususkan untuk gelar tak resmi bagi pasukan Amerika pecandu berat minuman kopi.

10. Kopi Membuat Kita Jadi Susah Tidur

Apakah pernyataan diatas tersebut merupakan mitos atau fakta? mari kita simak pernyataan berikut, Otak kita memiliki bagian yang menerima Adenosine. Ketika bagian tersebut bertemu dengan Adenosine maka kita akan mengantuk. Sedangkan ketika kita minum kopi, kafein yang terdapat pada kopi tersebut menempel pada penerima Adenosine tersebut, sehingga ruang bagi Adenosine semakin sempit. Pada saat ini terjadi, maka otak kita memerintah kelenjar adrenal untuk memproduksi adrenaline. Kafein juga menaikkan tingkat dopamine yang mengakibatkan kita susah ngantuk yang disebabkan oleh metabolisme tubuh yang kembali aktif.

[contact-form][contact-field label=”Name” type=”name” required=”true” /][contact-field label=”Email” type=”email” required=”true” /][contact-field label=”Website” type=”url” /][contact-field label=”Message” type=”textarea” /][/contact-form]

6 Jenis kopi Indonesia Terbaik

Kopi Sidikalang6 Jenis kopi Indonesia Terbaik – Di Indonesia Hidangan Kopi merupakan minuman yang sangat populer dan wajib, tidak jarang masyarakat Indonesia menggunakan minuman ini sebagai teman santai saat sendiri, atau diminum saat sedang ngobrol dan nongkrong dengan sahabat dan keluarga.

hal ini menjadikan Kopi tidak dapat dipandang sebelah mata di indonesia dan membuat para petani kopi berlomba – lomba membuat biji kopi terbaik di Indonesia bahkan di dunia yang dapat menarik perhatian pecinta kopi.

berikut ini ada 6 jenis biji kopi yang terbaik dan telah mendunia karena cita rasanya yang khas.

1Kopi Gayo 
Kopi Gayo berasal dari Propinsi paling barat Indonesia, yaitu Aceh, dikembangkan di tiga kabupaten yang berada di Aceh yaitu Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues yang memiliki kesesuaian tempat yang cocok untuk menghasilkan biji kopi dengan kualitas premium. Pemasaran Kopi Gayo sendiri berhasil menembus konsumennya di Asia, Eropa dan Amerika.
2. Kopi Sidikalang
Adalah salah satu jenis kopi arabica asli Indonesia yang telah dikenal masyarakat dunia, karena memiliki cita rasa yang kuat dan nikmat. Tumbuh subuh di dataran tinggi vulkanis yang kaya mineral membuat kopi Sidikalang memiliki biji kopi berkualitas tinggi. Kopi Sidikalang, yang mengambil nama dari sebuah kecamatan di Kabupaten Dairi, merupakan ikon dari kopi Sumatra Utara.
3. Kopi Liwa
Kopi yang termasuk dalam kategori Kopi Luwak ini, berasal dari Kabupaten Liwa, Propinsi Lampung. Cara pengolahan kopi jenis ini adalah dengan disangrai dengan mencampurkan potongan pinang atau ginseng. Keharuman aroma berkualitas dan tergolong dalam kopi dengan harga yang mahal tersebut, berhasil masuk ke pasar pecinta Kopi mancanegara di Amerika.
4. Kopi Toraja Kalosi
Kopi Toraja Kalosi berasal dari Propinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di daerah pegunungan Toraja. Aroma yang kaya, dan tingkat keasaman yang seimbang, menjadikan Kopi Toraja Kalosi sebagai kopi berkualitas tinggi yang menjadi komoditas ekspor favorit ke mancanegara.
5. Kopi Flores
Kopi yang satu ini berasal dari Kabupaten Ngada, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Bersumber pada jenis kopi Arabica, kopi Flores merupakan kopi dengan kualitas terbaik diantara beberapa jenis kopi yang berasal dari Indonesia, selain itu kopi ini juga termasuk salah satu incaran penikmat kopi mancanegara.
6. Kopi Wamena
Bersumber dari wilayah pegunungan dari Kabupaten Wamena di Propinsi Papua, memiliki kualitas tinggi karena termasuk jenis Kopi Arabica yang berasal dari biji kopi dengan penanaman serta pemeliharaan secara organik. Kopi Wamena juga termasuk jenis kopi terbaik yang memiliki rating lebih baik dibanding beberapa jenis kopi lainnya di Indonesia, dan tentunya juga menjadi salah satu jenis kopi yang berhasil merambah pasar internasional.

Fakta Kopi Instan

kopi-instan

Bahaya Kopi Instant – kopi Instan menjadi pilihan utama bagi banyak penikmat kopi yang setiap saat sibuk dengan pekerjaannya karena kemasan dan cara penyajiannya yang praktis.

namun dibalik kepraktisan dan citarasanya yang khas. ternyata ada bahaya tersendiri yang dimiliki kopi instan jika terlalu banyak mengkonsumsinya,

dibawah ini adalah penjelasan kenapa meminum kopi instan itu bahaya untuk tubuh anda.

 1. Kopi Instan Nyatanya Tidak Memiliki kandungan Antioksidan

Tuturnya, kopi kan memiliki kandungan anti-oksidan tinggi yang baik untuk menghindar penuaan awal, menghindar kanker, menghindar stroke, dan sebagainya. Namun, anti-oksidan tidak ada di kopi instan, hanya ada di kopi super mahal yang pakai embel biji-bijian itu. Tidak tahu deh, itu bener atau tidak. Yang pasti sih, pengagum kopi instan kan konsumsi kopi instan maksud intinya agar tidak ngantuk serta lebih efisien.

Sepertinya ada anti-oksidan atau tidak di kopi instan, bukanlah satu hal yang utama, deh. Bila gue pribadi sih, gue lebih pilih konsumsi makanan atau minuman lain yang memiliki kandungan anti-oksidan, terkecuali kopi. Contoh teh hijau yang gue seduh sendiri dirumah. Lah, itu teh hijau saja yang kita seduh dirumah saja adalah teh hijau instan yang bikinnya mudah banget! Selalu mengapa tidak diklaim sekalian disebut bohong lantaran tidak ada antioksidannya?

2. Kopi Instan Di proses dengan Tak Alami

Tuturnya, banyak zat kimia yang ikut serta begitu kopi instan di proses. Tidak seperti menyeduh kopi fresh, kopi instan sudah di ciptakan sedemikian rumit supaya bisa di nikmati dengan saat yang sesingkat-singkatnya. Kopi instan mengonsumsi sangat banyak zat kimia yang bila di uraikan terdengar begitu mengerikan. Banyak bahan pengawet yang dipakai untuk kombinasi kopi yang bikin kopi instan tahan lama.

Seperti yang tadi gue katakan terlebih dulu. Teh hijau seduh saja instan. Selalu product apa lagi yang kalian mengkonsumsi dirumah, namun tidak instan? Oatmeal saja yang sehat banget itu instan, susu instan, dan sebagainya. Nyaris semuanya product yang kita gunakan itu instan serta gunakan bahan kimia atau pengawet, kok. Memang sih bagus-bagus saja minum kopi BIJI yang mahal itu soalnya sehat, namun bila saksikan penampakannya yang hanya biji doang, siapa yang nafsu? Tidak kebanyakan orang kerajinan hancurin biji kopi berjam-jam juga sih hanya buat diminum sebagian menit.

Buktinya, di tiap-tiap perusahaan, terlebih start up sediakan banyak kopi instan, susu instan, teh tarik instan, dan sebagainya. Agar bikinnya cepat, tidak ngantuk, serta dapat konsentrasi kerja. Orang-orangnya tetaplah dapat pinter serta produktif, kok. Cobalah deh bayangin bila semuanya karyawan lebih repot memproses biji kopi daripada kelarin kerjaan. Dapat bubar jalan tuh perusahaan. Hahaha…

Nih, yang instan-instan di kantor gue.

3. Kopi Instan Tidak Sangat mungkin Kita Mengeksplorasi

Ada yang katakan kopi instan cuma terbatas pada satu rasa kopi. Kopi instan membatasi kalian mengeksplorasi kopi. Apa yang dihidangkan pada kopi instan, tersebut yang anda rasakan. Tidak sama dengan kopi yang dibuat dari biji fresh. Dengan kopi type ini kalian dapat mengeksplorasi cita rasa kopi dari beragam sisi. Tidak sama langkah seduh, tidak sama rasa yang kalian peroleh. Tidak sama tingkat kehalusan, tidak sama juga rasa yang kalian peroleh. Pada kopi instan, beberapa hal ini pastinya tak dapat kalian peroleh.

Terbatas pada satu rasa kopi pala lo peyang. Jelas-jelas kopi instan itu rasa-rasanya sangat banyak! Bila main ke Indomaret, merk serta rasa-rasanya ada berjubel. Itu baru di satu Indomaret, lho. Bila bertandang ke Indomaret lain lagi, varian kopi instannya lain lagi. Bila kopi dari biji fresh, rasa-rasanya apa cobalah? Pahit doang, kan? Bila juga ingin dibikin jadi espresso, americano, latte, cappuccino, macchiato, mocha, dan sebagainya mesti di proses lagi pakai alat super mahal serta beberapa bahan yang lain. Emangnya kebanyakan orang miliki alatnya dirumah?

Nih, gue kasih photo copy Nescafe dengan tiga variannya. Ini belum semuanya varian, lho. Bila kalian samperin Indomaret atau supermarket besar, tentu variannya jauh semakin banyak. Jadi, kata siapa anda tidak dapat bereksplorasi dengan kopi instan?

4. Kopi Instan Tidaklah Kopi Namun Perasa Kopi

Dapatkah anda pikirkan secangkir kopi instan yang dikemas sedemikian rupa dengan rasa manis serta pahit yang nikmat, namun di jual dengan harga yang begitu rendah? Kopi yang fresh, sehat, serta datang dari biji yang berkwalitas tidak bakal mungkin saja di jual murah. Ada satu sinyal bertanya besar mengapa kopi instan dapat di jual dengan begitu murah. Jawabannya yaitu lantaran kopi instan tak memiliki kandungan kopi 100% namun perasa kopi buatan yang rasa-rasanya pasti serupa kopi. Jadi yang anda minum sampai kini tidaklah kopi, namun sejenis minuman rasa kopi.

Iya sih, tuturnya hanya perasa kopi, namun cocok diminum beberapa fresh saja, tuh. Kantuk hilang. Ada pula kopi instan yang cocok diseduh serta didiemin sebagian menit, selalu ada ampasnya ngumpul dibawah. Tersebut ajaibnya kopi instan. Tuturnya hanya perasa kopi, namun cocok diminum dampaknya seperti kopi BIJI serta sebagian varian ada ampasnya. Ajaib banget, Bray! Serta cocok gue bandingin rasa kopi BIJI sama kopi instan, kok lebih enak kopi instan, ya?

Bila ada yang katakan makanan serta minuman instan itu kemunduran dari makanan serta minuman organik, untuk gue, ini perkembangan di bagian tehnologi pangan.

5. Kopi Instan Tidak Memberi Enaknya Pengalaman Menyeduh Kopi

Dengan konsumsi kopi instan pasti kalian tidak bakal alami kesenangan sistem menyeduh kopi. Dari mulai bermain dengan temperatur air, bermain dengan rasio, bermacam biji kopi dengan bermacam rasa, dan memakai bermacam alat seduh yang mengasyikkan. Kopi instan yang berbentuk praktis tidak bakal sangat mungkin kalian melatih skill menyeduh kopi yang sesungguhnya dapat kalian kembangkan.

Alasan Perut Mules Setelah Minum Kopi

perut-mules-minum-kopi

Fakta Kopi – Menurut data dari The International Coffe Organization pada th. 2015 ada sekitaran 151, 3 juta kantong kopi ukuran 60 kg yang dikonsumsi oleh beberapa orang didunia. Ini jadikan kopi sebagai satu diantara type minuman yang paling banyak dikonsumsi terkecuali teh, susu, serta bir.

Akan tetapi tak kebanyakan orang suka pada kopi dengan argumen berbagai macam dari mulai tak sukai rasa-rasanya sampai rawan terkena resikonya. Memanglah studi oleh Karolinska Institutet menyebutkan sekitaran 9 % peminum kopi dapat terserang resikonya kopi seperti bikin perut mulas-mulas.

Namun apa sebenarnya yang menyebabkan dampak itu? Pembawa acara Schichow Michael Aranda menerangkan ini ada hubungannya dengan kopi yang menyebabkan produksi hormon gastrin.

Dengan produksi hormon gastrin bertambah, jadi produksi asam lambung serta kesibukan pencernaan akan bertambah. Perut jadi cepat dikosongkan sampai pada akhirnya berbuntut pada perasaan mulas menginginkan kencing atau buang air besar.

” Ada suatu hal pada kopi yang dengan cara khusus menyebabkan produksi hormon ini, mendorong perut untuk bekerja sedikit lebih cepat dari umumnya, ” kata Aranda seperti diambil dari Medical Daily, Senin (21/11/2016).

Dalam taraf rendah, penambahan hormon gastrin bisa berguna dengan bikin badan menyerap makanan tambah baik serta membunuh kuman-kuman melalui asam lambung. Akan tetapi apabila berlebihan jadi ada pula resiko untuk terjadinya diare atau yang lebih kronis luka pada dinding perut.

Terlebih dulu, direktur pusat kesehatan pencernaan di Georgia Regents University, Satish Rao, MD, PhD pernah menerangkan kopi dapat tingkatkan kontraksi di usus. Mengakibatkan, tinja bakal terdorong ke rektum sampai perut merasa mulas serta nampak rasa menginginkan buang air besar (BAB). Kata Rao, ritme sirkadian badan dapat juga punya pengaruh. Sebab ritme sirkadian dengan cara automatis bakal bikin usus 2 x lebih aktif pada pagi hari. Untuk tersebut, tidak mengherankan bila pada pagi hari, kerapkali orang terasa menginginkan buang air besar, terlebih bila ditambah minum kopi.