Kopi Indonesia | Fakta Seputar Kopi | Komunitas Pecinta Kopi

De' Kopi - Tempat Nongkrong Di Bekasi Paling Populer

Tempat Nongkrong Di Bekasi Paling Populer Dan Asik Untuk Curhat

Tempat Nongkrong Di Bekasi Paling Populer – Selain industri yang menjadi penopang bisnis utama di kota bekasi ini. Bekasi juga disebut-sebut sebagai lokasi perdagangan dan pemukiman yang cukup besar. Tak heran jika banyak masyarakat asli Bekasi ataupun dari luar Bekasi yang membuka sayap dalam sektor perdagangan di kota tersebut. Kebanyakan pebisnis melihat Bekasi sebagai kota yang padat penduduk dan aktivitas sehingga hal tersebut dijadikan peluang oleh mereka.

Seperti kedai kopi, di Bekasi sudah cukup banyak tempat-tempat semacam ini yang bisa dijadikan lokasi untuk bersantai setelah bekerja seharian. Jika saat ini Anda salah seorang yang bekerja di Bekasi, ataupun memang warga asli Bekasi, rasanya perlu untuk mendatangi tempat-tempat tersebut. Berikut Oliswel akan ajak Anda melihat-lihat beberapa tempat ngopi di Bekasi yang paling sering dikunjungi oleh anak muda Bekasi.

Head And Brew

Head And Brew - Tempat Nongkrong Di Bekasi Paling Populer

Bagi Anda yang tahu lokasi Grand Galaxy Mall, dekat mal ada kompleks perumahan yang disebut Taman Galaxy di mana ada kedai kopi bernama Head & Brew. Toko kopi ini memiliki ukuran yang tidak terlalu luas, tapi cukup untuk menampung puluhan orang karena memiliki dua lantai. Bekasi di kedai kopi, Anda dapat menempatkan kopi pesanan dan diantar ke meja atau Anda juga dapat memesan sekaligus melihat proses pembuatan kopi oleh barista.

Head & Brew akan memanjakan Anda dengan berbagai campuran kopi, mulai dari cappuccino, espresso, Mocchiato, Caffe Latte, Piccolo, Long Black, Affogato, Mocha dan kopi Mocktail. Untuk penggemar kopi yang tidak terlalu suka rasa pahit, Head & Brew juga menyediakan alternatif bentuk menu Blended Caramel Mochiato dapat tambhan toping rasa Hazelnut, Caramel, dan atau Vanilla.

Untuk kopi yang digunakan, Head & Brew itu sendiri tampaknya tidak ingin terlihat sempurna. Dengan mengapa, Head & Brew hanya berfungsi jenis kopi nusantara yang juga ditemukan di toko-toko kopi lainnya, seperti Aceh Gayo kopi, Kopi Bali Kintamani, kopi Ulos Batak, Sunda Kopi Harum Manis, dan lain-lain. Ada juga kopi yang diperoleh dari luar negeri, seperti dari Brasil, Kenya, dan Guatemala.

Sedangkan bagi mereka yang kebetulan mengundang teman-teman yang tidak suka kopi, Head & Brew juga masih memiliki menu lain. Pilihan menu alternatif bagi pengunjung yang tidak suka kopi, antara lain Matcha Latte, Chocolate Latte, Latte Taro, Babychino, dan Flavored Tea. Untuk pola makannya, Head & Brew memiliki menu favorit yang adalah pesan bahwa Anda harus Gyu Don Tan, yaitu lidah sapi dengan saus ditambah nasi yang masih hangat.

Alamat: Grand Galaxy City, Blok AA1 No. 24A, Jl. Boulevard Raya, Jakasetia, Bekasi Selatan, Jaka Setia, Bekasi Sel., Kota Bekasi, Jawa Barat 17147
No. Telp: (021) 82436860

De’ Kopi

De' Kopi - Tempat Nongkrong Di Bekasi Paling Populer

Jika Anda belum menemukan tempat-tempat kopi yang bagus di Bekasi, maka pilihan berikutnya yang merekomendasikan Oliswel adalah de’Kopi. Ini salah satu kedai kopi dengan konsep minimalis seperti sebuah kafe rata-rata di Inggris dengan dominasi ruang hitam. de’Kopi menyediakan fasilitas wifi gratis bagi pengunjung yang ingin menikmati kopi saat bepergian di dunia maya atau melakukan pekerjaan di laptop-nya.

Untuk menu hidangan, de’Kopi memiliki minuman faceted dan makanan, termasuk makanan ringan. Berbagai kopi dicampur nasional itu sendiri disediakan oleh de’Kopi sehingga tidak mengherankan bahwa selera yang sangat baik. Anda dapat memesan hangat kopi hitam atau minuman dingin seperti Blend Blackforest begitu lezat bahwa ia menjadi favorit menu pengunjung.

Jangan biarkan kopi Anda berdiri sendri di atas bangku, menemaninya dengan makanan ringan atau makanan ringan seperti roti panggang atau kentang goreng. Anda tidak perlu takut untuk menghabiskan banyak uang ketika mengunjungi de’Kopi. Harga menu di de’Kopi hanya berkisar antara 15.000 – 35.000 per porsi. Untuk informasi saja, de’Kopi juga menyediakan smooking ruangan ber-AC dengan kapasitas menampung hingga 20 orang yang dapat dipesan untuk pengunjung yang ingin mengadakan acara.

Alamat: Kota Harapan Indah, Ruko Boulevard Hijau Blok C5 No. 33, Medan Satria, Pejuang, Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat 17131
No. Telp: (021) 29465480

Typicali Coffe

Typicali Coffe - Tempat Nongkrong Di Bekasi Paling Populer

Selain Carrington Kopi , ada juga tempat-tempat ngopi keren di Bekasi daerah yang paling menarik untuk bergaul dengan teman-teman saya. Tempat ini Typicali Coffee, sebuah kedai kopi di Bekasi, yang tidak hanya memiliki dekorasi ruangan yang menarik, tetapi juga menawarkan kesenangan dari orang-orang muda untuk nongkrong dan minum kopi di lantai atas dengan ruang atau atap jangka bekennya terbuka.

Suasana di atap Typicali Kopi ini sangat keren dan memanjakan. Tempat ini bisa dibilang yang paling tepat tempat bagi mereka yang lebih lelah dengan semua urusan kehidupan. Disertai dengan kopi, Anda dapat menikmati pemandangan kelap-kelip bintang di langit malam bersama dengan angin dan lampu redup yang membuat suasana lebih istimewa.

Alamat: Jl. Raya Hankam No.384, RW.4, Jatimurni, Pondokmelati, Kota Bekasi, Jawa Barat 17431
No. Telp: (021) 29060885

Demikianlah Informasi Seputar Tempat Nongkrong Di Bekasi Paling Populer Dan Asik Untuk Curhat. simak terus info menarik lain nya. Hanya di www.kopiindonesia.web.id

 

Warkop Semesta - Tempat Ngopi Di Yogyakarta Paling Keren

Tempat Ngopi Di Yogyakarta Paling Keren Dan Terpopuler

Tempat Ngopi Di Yogyakarta Paling Keren – Jogja ini memang surga kuliner. Mulai dari tempat nongkrong kuliner tradisional ngangenin untuk anak-anak usia sekarang, semuanya murah di Yogyakarta. Maklum, karena kota pelajar ini harus mengakomodasi keinginan para mahasiswa yang sangat mendambakan murah kuliner.

Tempat wisata kuliner murah tidak harus selalu angkringan. Terutama bagi Anda yang suka hang out, minum kopi, sementara begadang melakukan kursus tersebut. Dijamin berlama-lama di kafe-kafe ini.

Peacock Coffee

Peacock Coffee - Tempat Ngopi Di Yogyakarta Paling Keren

Cafe berarsitektur modern minimalis ini cocok untuk Anda yang butuh tempat nongkrong murah dengan konsep kekinian. Selain itu, jam operasionalnya yang 24 jam ditambah dengan koneksi WiFi mumpuni pastinya akan menunjang Anda yang tengah mengerjakan tugas atau pekerjaan lainnya.

Tak perlu khawatir akan harga makanan dan minumannya karena sangat bersahabat dengan kantong. Sejumlah varian kopi dan cokelat dibanderol dengan harga Rp25.000 saja. Untuk makanannya pun mulai dari harga Rp10.000-an. Nongkrong di cafe tak pernah semurah ini, bukan?

Tak hanya itu, cafe ini juga cocok untuk Anda yang gemar foto-foto karena desain interiornya yang sangat Instagrammable. Ada tangga merah dekat kasir, ada tempat duduk dengan latar tembok putih dihiasi pigura, dan masih banyak lagi. Dijamin feeds Instagram Anda akan makin ciamik.

Peacock Coffee
Alamat: Jalan Palagan Tentara Pelajar No. 61, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta
Telepon: (0274) 288 0215
Jam Operasional: 24 Jam
Kisaran Harga: Rp10.000 – Rp25.000

Legend Coffee

Legend Coffee - Tempat Ngopi Di Yogyakarta Paling Keren

Belum sah jadi anak gaul Jogja rasanya apabila belum pernah menyambangi Legend Coffee. Bukan apa-apa, Legend Coffee ini bagaikan dedengkot-nya cafe dan tempat ngopi seantero Jogja, sehingga benar-benar hits dan dikenal luas oleh anak muda Jogja.

Letaknya yang berada di pusat kota benar-benar menjadikannya lokasi strategis untuk ngopi. Apalagi kala malam tiba saat akhir pekan, bakalan ramai! Selegendaris itu tempat ini di kalangan anak muda Jogja.

Tak hanya namanya yang Legend, tetapi arsitektur bangunannya yang berupa rumah zaman dulu ala bangunan Belanda semakin menjadikan tempat ini legend. Suasananya makin cantik saat malam tiba karena dihiasi kelap-kelip lampu.

Pilihan makanan juga bervariasi, mulai dari yang ringan seperti pisang cokelat, roti bakar, pudding, dan salad hingga yang berat seperti iga bakar, mie goreng, salmon, dan ikan bakar. Semuanya mampu memuaskan perut lapar Anda.

Untuk minuman tentu saja kopi adalah pilihan terbaik di Legend Coffee. Cicipilah cappuccino yang dihidangkan dalam semangkuk buah naga yang rasanya tak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Atau ingin cari aman? Chocolate Almond atau Kopi Hitam juga siap untuk menemani nongkrong dan begadang Anda.

Warkop Semesta

Warkop Semesta

Siapa bilang warung kopi itu selalu kecil, penuh asap rokok, dan tidak bervariasi serta dipenuhi oleh bapak-bapak? Semua gambaran tersebut akan sirna tatkala Anda menyambangi Warkop Semesta.
Di mana lagi Anda bisa menemukan warung kopi yang secantik ini? Dengan desain interior yang kekinian, perpaduan antara nuansa taman yang asri dengan desain tradisional rumahan ala Jawa menjadikan tempat ini begitu nyaman hanya untuk sekedar ngopi.

Jika Anda menginginkan suasana yang hangat dan hidup, kami sarankan Anda untuk datang pada sore dan malam hari karena warkop ini benar-benar ramai saat hari berganti malam. Namun, jika Anda menyukai suasana sepi, santai, dan relaks, maka pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menyambanginya.

Catatan: Kalau ke sini lebih nyaman menggunakan sepeda motor, karena parkir mobilnya kurang memadai. Plus, tepat di belakang warkop ada rel kereta api, sehingga saat ada kereta melintas akan menimbulkan bunyi dan getaran yang keras.

Warkop Semesta
Alamat: Jl. Abu Bakar Ali No.2, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta
Telepon: (0274) 565 310
Jam Operasional: 24 Jam
Kisaran Harga: Rp2.000 – Rp22.000

Vito Café

Vito Café

Vito Café menggabungkan konsep kafe internet dan dalam satu tempat, sehingga cocok benar-benar untuk siswa yang ingin hang out di saat yang sama bekerja pada tugas.
Dari luar, bentuknya hampir menyerupai kafe, tetapi ketika Anda melihat di dalam, Anda akan menyadari bahwa tempat ini adalah sebuah kafe. interior dibuat senyaman mungkin dengan kursi sofa warna merah, hitam semuanya terlihat nyaman. Ditambah dengan pencahayaan redup.

Kursi kursi empuk seringkali dapat digunakan sebagai tempat untuk beristirahat atau tidur sejenak di waktu bergaul dan bergadang dalam mengerjakan tugas. Kapan lagi bisa minum kopi, hang out, serta istirahat sejenak di warnet?

Tempat ini benar-benar cocok bagi mereka yang ingin tinggal sampai larut menyelesaikan pekerjaan. Cukup membeli voucher WiFi senilai Rp3.000 per jam dan memesan menu makanan / minuman, maka Anda dapat menghabiskan waktu saat mengerjakan tugas di sini.

Vito Café
Alamat: Jalan Seturan Raya No.399 A, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta 55281
Telepon: (0274) 486 511
Jam Operasional: 24 Jam
Kisaran Harga: Mulai dari Rp10.000

Sekian informasi yang bisa kami berikan seputar Tempat Ngopi Di Yogyakarta Paling Keren Dan Terpopuler. Simak terus informasi menarik lain nya. Hanya di kopiindonesia.web.id

Ini Waktu yang Ideal Untuk Mengonsumsi Kopi Setelah Disangrai

Ini Waktu yang Ideal Untuk Mengonsumsi Kopi Setelah Disangrai – Para pecinta kopi kelihatannya akan setuju kalau kopi yang segar adalah salah satu faktor penting untuk menghasilkan seduhan yang nikmat dan tidak terlupakan. Salah satu indikasi kopi yang segar ini lalu dihubungkan dengan tanggal sangrai, atau roast date yang tertera dalam kemasan kopi. Di sinilah salah kaprah itu sering terjadi.

Pilihan Penggemar Kopi

Penggemar kopi yang benar-benar paham tentang kopi biasanya akan selalu mencari kopi-kopi yang berusia setidaknya minimal seminggu sejak tanggal roasting. Sejauh yang kami lihat, beberapa bahkan ada yang mencari hingga sebulan setelahnya.

Namun ini berbanding terbalik dengan kebanyakan peminum kopi garis keras—saya harus menggunakan istilah ini. Karena umumnya mereka akan menolak dengan sangat keras, dengan argumen yang tak kalah keras pula, ketika disarankan rekomendasi kopi yang baik. Kebanyakan peminum kopi jenis ini biasanya memburu kopi paling baru—yang benar-benar sangat baru dan, kalau bisa, baru saja disangrai. “Yang lama tidak segar,” alasan mereka. Sebagian lain menyebutnya “kopi basi”. Padahal, sepanjang biji kopi tetap tertutup rapat dan tersegel rapi, kopi tidak akan pernah basi.

Sekadar catatan saja, kopi bukan jenis produk minuman yang “akan semakin nikmat jika dikonsumsi hari itu juga setelah disangrai”. Kopi, tidak seperti jenis makanan atau minuman lain yang mungkin akan rusak, atau meminjam istilah awam – basi, jika telah melewati tenggat waktu belinya. Ada alasan khusus yang melatarbelakanginya. Proses degassing, atau pelepasan karbon dioksida dari dalam biji kopi, dan sejumlah peristiwa kimia alami lain yang terjadi pada kopi setelah proses roasting adalah salah satu faktor utama.

Setelah proses degassing ini selesai, ada semacam jendela waktu yang membentangkan durasi kesegaran ideal dari biji kopi. Penjelasan sederhana tentang durasi kesegaran ideal kopi ini kira-kira: “waktu dimana segala karakter dan rasa kopi sedang di puncak jaya-jayanya dan lagi enak-enaknya“. Peminum kopi yang baik sebaiknya sudah tahu dan harus tahu tentang ini.

Maka, kapan sebetulnya waktu ideal untuk mengonsumsi kopi jika dilihat dari roast date? Berikut uraian rentang waktunya.

Kopi yang dikonsumsi (sangat) lama setelah tanggal roasting akan terasa flat, atau hambar

Mungkin inilah yang sebenarnya dimaksudkan penggemar kopi garis keras itu dengan kopi ‘basi’. Namun mengonfirmasi data di atas, selama kopi tetap tersegel rapi, tertutup rapat dalam kemasan yang dilengkapi air valve dan tidak dibuka, maka kopi tidak akan basi. Yang ada hanya, kopi akan kehilangan aromanya saja. Aroma kopi umumnya akan berkurang secara konsisten setelah sekitar 30 hari dan seterusnya sejak disangrai. Namun perhitungan ini juga bervariasi, tergantung dari kepadatan biji kopi dan jenis/profil roasting-nya.

Jika dikonsumsi terlalu lama, misalnya lebih dari satu setengah bulan sejak roast date, aroma kopi yang berkurang akan memengaruhi rasa, menjadikannya flat dan sedikit hambar ketika diseduh.

Kopi yang dikonsumsi dalam waktu (terlalu) dekat dengan tanggal roasting juga akan terasa flat, dan hambar

Kopi yang langsung diseduh hanya berselang beberapa menit, atau beberapa jam, setelah disangrai pun akan membuat rasanya tak maksimal. Seolah ada yang kurang meski memakai resep Juara sekalipun. Termasuk untuk membuat espresso. Proses degassing yang belum sempurna pada kopi yang “terlalu segar”, alias baru disangrai, akan menyebabkan masalah seperti channeling pada saat ekstraksi. Pada akhirnya, ini akan merepotkan baristanya sendiri.

Umumnya, kopi akan mencapai puncak aromatiknya setelah hari ketiga, atau keempat, pasca sangrai. Karenanya, banyak ahli dan roaster kopi yang sudah memahami bahwa kopi sebaiknya “diistirahatkan” dulu setidaknya selama 24 jam setelah roasting sebelum kemudian dirasa, atau diuji citarasa (coffee cupping/tasting).

Durasi waktu yang ideal

Salah satu kiat terpenting sebelum membeli kopi dan mengonsumsinya adalah mengetahui waktu. Kapan kira-kira level karbon dioksida pada kopi sudah benar-benar minimal, dan di saat bersamaan, aromanya pun telah mencapai puncaknya. Ada banyak variasi mengenai durasi ini. Setiap kopi tidak sama perhitungannya, tergantung varietas/varietal kopi, kualitas kopi, ketebalan biji, dan profil roasting masing-masing.

Durasi ideal paling umum yang banyak diterima oleh para ahli, roaster dan coffee geek lainnya adalah sekitar 7 – 14 hari sejak tanggal roasting (roast date). Kopi-kopi yang berada dalam rentang waktu ini dianggap terbaik untuk dikonsumsi karena proses degassing pada kopi telah selesai. Yang tersisa pada kandungan biji kopi pun adalah segala substansi dan zat alami baik yang sudah benar-benar utuh. Ada pula sebagian sumber menyatakan bahwa durasi ideal yang dianggap cukup baik adalah sekitar 21-30 hari.

Jika kamu belum memahami konsep mengenai durasi kesegaran ideal ini, atau belum tahu apakah kopi yang akan kamu beli telah benar-benar ideal untuk dikonsumsi, ada baiknya bertanya langsung kepada roaster atau barista yang bisa memberikan kamu saran terbaik mengenai kopi. Jangan sungkan untuk bertanya dan berkonsultasi.

Inilah 4 Alasan Kenapa Harus Minum Espresso

Inilah 4 Alasan Kenapa Harus Minum Espresso – Banyak orang yang tak pernah mau menikmati espresso. Ada banyak sekali alasan yang diberikan, mulai dari rasanya yang sangat pahit sampai ukurannya yang kecil sehingga tak bisa dinikmati secara perlahan-lahan.

Baca juga : Apakah Minum Kopi Setiap Hari Bisa Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Padahal jika kamu tahu, espresso merupakan minuman paling sakral setidaknya bagi masyarakat Italia. Bahkan untuk secangkir espresso yang kamu anggap kecil itu, kedai-kedai kopi di Italia penuh oleh antrean manusia yang mendamba menikmati espresso untuk memulai hari mereka.

Lalu kenapa seharusnya setiap orang paling tidak harus bisa menikmati espresso sekali seumurnya. Apa pentingnya espresso yang kecil ini? Berikut jawabannya.

1. Espresso ‘Dasar’ dari Minuman Kopi

Kamu suka menikmati cappuccino, cafe latte, macchiato, flat white dan piccolo latte-mu? Dear, semua minuman kegemaranmu itu bergantung penuh kenikmatannya pada espresso. Espresso yang nikmat menghasilkan jenis minuman kopi turunannya dengan tak kalah nikmat. Jangan kira peranan espresso tidak penting bagi minuman bersusu. Dan oleh karena itu, untuk mengetahui kenikmatan espresso kamu harus mencoba espresso-nya langsung. At least once in the life time.

2. Espresso Tak Melulu Pahit Saja

Ini adalah alasan paling kuat agar kamu mau mencoba espresso. Jangan kira espresso itu hanya satu rasa yaitu pahit saja. Mari sama-sama menikmati espresso dari beragam house blend dan single origin agar kamu tahu dan takjub bahwa espresso memang benar tak hanya pahit saja. Saya sendiri pernah mencoba espresso yang rasanya fruity sekali atau justru spicy dan manis sekali. Awalnya agak shock juga karena saya kira espresso pastilah pahit. Sejak saat itu saya tidak berkeberatan memesan espresso di beragam kedai kopi. Karena menurut saya seperti layaknya kopi, espresso sebagai produk kopi juga memiliki banyak ragam rasa.

3. Espresso Memiliki Kalori Rendah

Sedang diet tapi butuh kopi? Espresso adalah menu yang sudah jelas harus kamu pilih. Di antara jenis minuman kopi lainnya, si espresso ini yang paling rendah kalorinya. Jadi jika kamu membutuhkan energi yang penuh karena kafein tapi menimbang-nimbang perkara kalori yang ada di dalamnya maka espresso adalah jawabannya.

4. Espresso Itu Cepat Saji

Well, meski tak secepat kopi instan atau kopi tubruk, setidaknya espresso tidak memakan waktu bermenit-menit untuk disajikan. Juga bisa dinikmati dalam sekali teguk. Pas untuk kamu yang mungkin sedang terburu-buru dan tak punya waktu menikmati kopi pelan-pelan.

Apakah Minum Kopi Setiap Hari Bisa Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Apakah Minum Kopi Setiap Hari Bisa Mengurangi Resiko Penyakit Jantung – Sekelompok ilmuwan yang berasal dari Amerika Serikat mengklaim kalau mereka telah menemukan bukti kalau kopi memberikan efek perlindungan dari risiko gagal jantung dan juga stroke. Menurut penelitian, setiap cangkir kopi yang diminum setiap minggunya, akan menurunkan kemungkinan gagal jantung sampai 7 persen dan menurunkan risiko stroke sampai 8 persen.

Baca juga : Sore-sore Ngopi di Bikun Coffee yang Unik

Studi yang dilakukan oleh American Heart Association ini mengumpulkan 12.000 orang dewasa di Framingham Heart Study untuk melihat bagaimana kebiasaan makan dan minum berpengaruh pada kesehatan jantung.

Dari penelitian ini, terlihat bahwa semakin bertambahnya usia maka risiko penyakit jantung dan stroke memang bertambah, namun, pada mereka yang meminum kopi, resiko penyakit tersebut ternyata lebih rendah daripada yang tidak meminum kopi.

Apakah ini berarti para pecinta kopi lebih terhindar dari penyakit mematikan tersebut?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, para peneliti yang terlibat memperingatkan agar para pembaca hasil riset mereka, bahwa mereka sendiri “belum yakin apakah yang menyehatkan itu adalah kopinya, kandungan di dalamnya, atau perilaku peminum ketika menikmati kopi.”

Belum Tentu Meminum Kopi Menurunkan Risiko Penyakit

Data yang didapatkan dari hasil observasi hanya menunjukan hubungan antara konsumsi kopi dan gagal jantung dan stroke. Namun, penelitian ini belum bisa membuktikan bahwa kopi benar-benar bisa menurunkan risiko penyakit.

Penelitian tersebut menunjukan bahwa peminum kopi memiliki angka kemungkinan menderita penyakit jantung dan stroke lebih rendah, namun hasil ini belum membuktikan kalau meminum kopi memang menurunkan risiko penyakit.

Apabila kamu seorang perokok, tentu meminum kopi sambil merokok justru menambah bahaya dan risiko terkena penyakit. Kafein bisa meningkatkan tekanan darah, sehingga bagi perokok yang juga peminum kopi, maka akan memiliki resiko darah tinggi yang lebih besar. Namun, kebiasaan ini tidak berpengaruh pada bertambahnya resiko penyakit jantung.

Beberapa manfaat lain dari mengkonsumsi kopi adalah menurunkan risiko diabetes, kanker prostat, kanker hati, dan umur panjang. Karena itu, meskipun belum terbukti secara ilmiah kalau kopi mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, kamu tetap bisa merasakan manfaat lain dari meminum secangkir kopi setiap hari.

Sudahkah kamu minum kopi hari ini?