Tips Membuat Kopi Menjadi Lebih Enak Di Seduh

Tips Membuat Kopi Menjadi Lebih Enak – Para pecinta kopi pastiny akan selalu berfikir bagaimna proses pembuatan kopi agar menjadi lebih enak jika di seduh. Tak sedikit pula para pecinta kopi yang selalu merasakan pahitnya kopi karna proses pembuatannya kurang tepat. Pastinya jika anda yang berniat untuk merasakan citra rasa dari sedapnya kopi itu akan menjadi hilang, jika citra rasa kopi yang di buat tak sesuaikan dengan keinginan, dengan kata lain kopi masih berasa pahit. Nah untuk mengatasi itu, anda dapat mengikuti tips ini untuk membantu anda agar kopi anda terhindar dari rasa pahit yang tidak diinginkan dan memberikan secangkir kopi yang memuaskan setiap saat.

Baca juga: Macam-macam Kandungan Yang Ada Di Dalam Kopi

Beli kopi segar

Tak disangkal lagi bahwa kopi memiliki kualitas terbaiknya hanya beberapa hari setelah diolah. Membeli kopi langsung dari pabrik pastinya adalah cara terbaik untuk memastikan kesegaran kopi yang baru digiling. Hati hati jika anda membeli kopi dari pasar swalayan karena oksigen dan cahaya yang terang bisa merusak rasa kopi. Minyak dari kopi akan keluar dan menempel pada wadah kopi sehingga kopi terasa tengik. Karena itu, jika anda ingin menikmati kopi yang masih segar,sebaiknya beli dalam kemasan kecil.

Pilih varian kopi yang bagus

Dapat dikatakan bahwa penikmat kopi sejati sebanding dengan penikmat wine. Mereka akan mencoba untuk menemukan varian dengan rasa yang tepat dan sesuai dengan selera mereka. Hampir semua pemburu kopi mencari kopi dari jenis arabika. Bagi mereka yang ingin merasakan sensasi yang lebih kuat lebih memilih robusta dengan kandungan kafein yang lebih tinggi, walau rasanya sedikit kurang menggoyang lidah. Jika anda ingin mencoba salah satu single origin lokal, anda bisa mencoba kopi Toraja, Flores, Jawa, atau juga mocha arabica (campuran beberapa jenis kopi arabika di indonesia). Semua jenis kopi tersebut bisa anda dapatkan di Kopi Aroma Bandung.

Giling kopimu sendiri

Kopi mulai berkurang kualitasnya sejak kopi digiling. Kopi dengan rasa terbaik didapatkan dari kopi yang baru saja digiling. Mesin yang digunakan juga dapat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Karena itu para kopi cenderung memilih mesin giling kopi mahal seperti Solis, Zassenhaus, ataupun Rancilio untuk menggiling kopinya. Namun penggiling kopi standar pun bisa memberikan hasil yang bagus.

Hindari filter kopi murah

Menurut para ahli, menggunakan filter kopi murah dapat menghasilkan kopi yang “cacat” rasa. Carilah kertas filter yang bebas dioxin seperti Filtropa atau Melitta. Anda juga bisa menggunakan filter berbahan emas yang bisa digunakan berulang kali seperti SwissGold. Jenis jenis filter ini dapat memberikan rasa maksimal dalam cangkir kopi anda.

Jaga kebersihan peralatan kopi anda

Membersihkan wadah dan mesin giling kopi setiap beberapa minggu dapat menyingkirkan minyak dari kopi yang menumpuk dalam peralatan tersebut. Lakukan pembilasan menggunakan larutan cuka atau pembersih khusus untuk peralatan kopi paling tidak sebulan sekali untuk membersihkan tumpukan mineral yang menempel. Jangan lupa untuk mencuci kembali peralatan anda dengan bersih sebelum digunakan agar kopi anda tidak terkontaminasi oleh rasa dari larutan pembersih yang anda gunakan sebelumnya.

Author: jordan