Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Gigi Bagi para Pencinta Kopi

Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Gigi Bagi para Pencinta Kopi 1

Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Gigi Bagi para Pencinta Kopi – Karena kandungan kafeinnya yang cukup tinggi, kopi sering dimanfaatkan sebagai penambah stamina. Tapi sayang, kandungan tanin pada kopi bisa membuat gigi menjadi kuning sehingag bisa mengganggu penampilan. Tidak hanya itu, konsumsi kopi berlebihan tanpa diikuti perawatan gigi yang baik bisa mengakibatkakn kerusakan gigi.

Baca juga : Kim Teng Kedai Kopi Legendaris di Pekanbaru

Tapi tak perlu khawatir, kerusakan yang disebabkan oleh kopi bisa dicegah dengan cara menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Berikut ini ulasannya.

1. Kumur dengan air putih

Jangan lupa untuk berkumur dengan menggunakan air putih setelah mengkonsumsi minuman yang bersifat asam seperti kopi. Air putih berfungsi untuk emnetralisir asan yang dihasilkan oleh kopi sehingga bisa mengurangi risiko kerusakan pada gigi.

2. Sikat gigi dengan benar

Kopi mengandung tanin yang bisa meninggalkan bercak hitam atau stain di gigi dan bisa menjadi karang gigi. karena itu sikat gigi dengan benar bisa mengurangi risiko terbentuknya karang gigi karena kopi.

Menyikat gigi yang benar dilakuakn secara memutar dari kanan ke kiri. Jangan menyikat gigi secara vertikal, karena bisa merusak gusi. Selain itu, lakukan sikat gigi selama 2 menit dan jangan terburu buru. Waktu yang disarankan untuk menyikat gigi adalah 30 menit setelah makan. Dan jangan lupa untuk menyikat gigi sebelum tidur.

3. Rajin membersihkan karang gigi

Karang yang terbentuk di gigi tak bisa bersih dengan sendirinya. Karena itu, usahakan untuk rutin melakukan pembersihkan karang gigi atau scaling di klinik dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali, supaya kerusakan gigi dan gusi bisa dicegah.

4. Gunakan pasta gigi tanpa detergen

Pasta gigi yang memiliki kandunga detergen terlalu banyak bisa mengganggu bakteri baik yang ada di dalam mulut. Akibatnya, gigi akan lebih rentan rusak. Ciri-ciri pasta gigi yang bebas detergen adalah tak menghasilkan busa. Karena itu, sebaiknya lebih cermat memilih pasta gigi yang digunakan.

Author: jordan