Tips dan Trik Jika Ingin Membuat Kopi Hitam Sendiri

Tips dan Trik Jika Ingin Membuat Kopi Hitam Sendiri – Para pecinta kopi pasti tahu kalau ada banyak cara untuk membuat kopi, mulai dari yang manual hingga yang otomatis. Kini juga sudah banyak bermunculan kedai kopi yang menyediakan berbagai macam metode membuat metode membuat kopi manual. Anda juga bisa membeli sendiri alat – alat untuk membuat kopi manual dan membeli caranya.

Kopi hitam adalah buah kopi yang diambil bijinya menjadi sebuah biji kopi kering lalu diproses melalui beberapa tahapan sampai akhirnya menjadi secangkir kopi hangat. Biji kopi mempunyai keunggulan yang luar biasa saat sudah disulap menjadi secangkir minuman.

Jika dilihat secara kasat mata, cara membuat kopi hitam memang terlihat mudah. Tetapi jika dirasakan dengan seksama dan dipahami dengan benar – benar, ternyata cara membuat secangkir kopi hitam itu tidak mudah.

Karena itu tak heran jika kedai kopi yang menyajikan beragam pilihan kopi terkadang mematok harga mahal. Pasalnya alat dan bahan yang digunakan memiliki kualitas yang berbeda dengan alat dan bahan yang kita gunakan di rumah.

Membuat secangkir kopi hitam yang nikmat memiliki tahapan – tahapan penting yang sangat mempengaruhi kenikmatan kopi. Bagi para pecinta kopi wajib tahu rahasia membuat kopi hitam yang nikmat.

Kami akan membagikan tips dan trik jika ingin membuat kopi hitam sendiri. Berikut ini cara dan resep lengkapnya.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Kopi Hitam

1. Kualitas air untuk menyeduh kopi harus diperhatikan. Jika menggunakan air keran, sebaiknya disaring lebih dahulu. Lalu perhatikan suhu ketika perebusan air. Idealnya tak boleh sampai mendidih jika menggunakan coffemaker.

2. Sebaiknya beli biji kopi yang belum digiling karena akan mendapat rasa yang lebih nikmat. Kalau membeli biji kopi yang telah digiling akan kehilangan rasa dan juga kesegarannya. Lalu seduh kopi di coffe maker atau langsung di dalam cangkir sebagai kopi tubruk.

3. Jika ingin menghilangkan rasa pahit pada kopi, taburi sedikit garam di cangkir untuk memberikan rasa lebih baik pada kopi Anda. Sajikan dan nikmati kopi ketika hangat agar tidak kehilangan rasa dan aromanya.

4. Jangan simpan kopi di dalam lemari es, tapi simpan pada suhu ruang. Rasa kopi juga ditentukan oleh suhu penyimpanan. Suhu ruang bisa membaut kopi terasa lebih enak dan bertahan hingga seminggu.

5. Setelah merebus air, diamkan air selama 30 detik sebelum dicampurkan dengan kopi.

Bahan Membuat Kopi Hitam

1. Bubuk Kopi Hitam secukupnya sesuai dengan kekentalan yang diinginkan (kami sarankan 1 sdm)
2. Gula sesuai selera
3. Coklat bubuk 1/2 sdt

Cara Membuat Kopi Hitam

1. Panaskan 2 cangkir air dengan api sedang, jang terlalu besar atau terlalu kecil.
2. Jika air sudah panas / hampir matang, masukkan bubuk kopi hitam ke dalam air, lalau aduk hingga air mendidih lalau masukkan bubuk cokelat.
3. Siapkan saringan kopi dari kain halus dan 2 mug sedang.
4. Tuang kopi hitam panas tadi ke salah satu mug sedang dan mulailah menyaring kopi hitam ke mug yang lain, angkat tinggi – tinggi mug saat menyaring. Lakukan berkali – kali hingga kopi hitam mengeluarkan busa.
5. Siapkan cangkir dengan gula, lalu saring lagi untuk terakhir kali ke dalam cangkir gula yang sudah disiapkan. Hias dengan grande sesuka Anda. Rasa akan berbeda tergantung dari bubuk kopi yang Anda gunakan.

Author: jordan