Ternyata Minum Kopi Bisa Perpanjang Usia

Ternyata Minum Kopi Bisa Perpanjang Usia

Ternyata Minum Kopi Bisa Perpanjang Usia – Selama bertahun-tahun, para dokter telah mengingatkan masyarakat untuk menghindari konsumsi kopi, karena kopi bisa meningkatkan resiko penyakit jantung serta menghambat pertumbuhan tubuh.

Baca juga : Ternyata Ini Arti Warna Celemek yang Dikenakan Barista Starbucks

Para ahli juga mengatakan kalau kopi bisa memberikan efek buruk pada saluran pencernaan sehingga memicu sakit maag, mulas, dan juga penyakit lainnya. Tetapi ternyata di luar itu semua, kopi memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Bahkan, penelitian yang dilakukan baru-baru ini menyatakan kalau mengkonsumsi kopi secara rutin bisa memperpanjang usia.

Sampai saat ini, sudah banyak penelitian yang menunjukkan keuntungan meminum kopi secara rutin dengan cara yang tepat. Selain bisa mencegah penyakit parkinson, kopi juga bisa mengurangi resiko diabetes tipe 2, gangguan jantung, stroke, dan bisa mencegah pikun dan alzheimer. Hal itu mungkin sedikit banyak bisa menjelaskan mengapa peminum kopi bisa membuat hidup lebih lama dari mereka yang tidak.

Baru-baru ini ada 2 penelitian terbaru yang dipublikasikan di Annals of Internal Medicine yang mengatakan kalau pengkonsumsian kopi bisa memperpanjang umur. Pertama, penelitian terbesar yang pernah dilakukan terhadap kopi yang melibatkan lebih dari 520,000 orang di 10 negara di Eropa, menyimpulkan kalau kopi bisa mengurangi resiko kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung, kanker, diabetes, penyakit pernapasan, stroke, dan penyakit ginjal.

Penelitian kedua lebih berfokus pada populasi yang beragam, terdiri dari Afrika-Amerika, Jepang-Amerika, dan Latin, yang diikuti oleh 185,000 orang dengan rata-rata usia 16 tahun. Dalam penelitian itu, mereka yang meminum satu gelas (240 ml) kopi per hari, dibandingkan dengan mereka yang tidak, memiliki resiko 12% lebih rendah terhadap penyakit mematikan tertentu, dan mereka yang meminum 3 gelas sehari memiliki resiko 18% lebih rendah.

Di sisi lain, 2 penelitian yang melibatkan banyak orang tersebut tak menyebutkan kalau mereka yang tak meminum kopi akan memiliki umur yang lebih pendek. Dan walaupun penelitian tadi menyenangkan hati para peminum kopi, mereka tetap harus mengkonsumsi kopi dalam batas wajar, karena bagi sebagian orang, kopi juga bisa memiliki efek samping seperti menyebabkan agitasi, detak jantung yang tak teratur, dan masalah saluran pencernaan.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disarankan untuk meminum kopi satu gelas (berukuran sekitar 240 ml) per hari.

Author: jordan