Ternyata Kafein Memicu Hasrat Untuk Konsumsi Makanan Manis

Ternyata Kafein Memicu Hasrat Untuk Konsumsi Makanan Manis

Ternyata Kafein Memicu Hasrat Untuk Konsumsi Makanan Manis – Apakah kamu termasuk ke dalam golongan orang yang wajib mengonsumsi kopi di pagi hari? Jika ya, sebaiknya kamu mulai mempertimbangkan kebiasaan yang satu ini.

Baca juga : Ternyata Minum Kopi Bisa Perpanjang Usia

Karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Journal of Food Science, mengonsumsi kafein akan membuat kamu ingin mengonsumsi gula. Agaknya, inilah yang jadi alasan mengapa kamu cenderung ingin mengunyah camilan manis sehabis menyesap secangkir kopi.

Bagaimana bisa?

Penelitian ini dilakukan terhadap 2 kelompok orang yang diminta untuk mengonsumsi secangkir kopi biasa dan kopi decaf tanpa diberi tahu urutannya.

Untuk kamu yang belum paham, decaf merupakan istilah yang diberikan untuk kopi yang kadar kafeinnya jauh lebih rendah daripada kopi biasa. Jika kopi biasa rata-rata mengandung 85 miligram kafein, maka decaf hanya mengandung 15 – 30 mg kafein saja.

Selesai mengonsumsi kopi, mereka diminta untuk menilai kadar kemanisan gula yang diletakkan pada sebuah cangkir. Dan hasilnya?

Peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi biasa menganggap gula pasir tersebut kurang manis. Reaksi ini cukup kontras jika dibandingkan dengan kelompok decaf, yang menilai kalau gula itu memiliki kadar kemanisan yang normal.

Kesimpulannya adalah kafein bisa membuat indera perasa kamu jadi lebih tumpul selama beberapa saat. Dengan lidah yang berada dalam kondisi tumpul, kamu cenderung berusaha mencari kudapan atau makanan yang lebih manis.

Tetapi jangan khawatir, karena efek tumpul pada lidah ini tidak bertahan terlalu lama. Jadi, jangan buru-buru mencari camilan manis sehabis mengonsumsi kopi, ya! Karena selain bisa membuat gula darah naik, kamu juga berpotensi mengalami kegemukan.

Author: jordan