Ternyata Ini Arti Warna Celemek yang Dikenakan Barista Starbucks

Ternyata Ini Arti Warna Celemek yang Dikenakan Barista Starbucks

Ternyata Ini Arti Warna Celemek yang Dikenakan Barista Starbucks – Ketika memesan segelas minuman di gerai Starbucks, kamu akan dilayani oleh beberapa orang barista. Dan biasanya, kamu akan disambut oleh seorang barista yang bertugas mencatat pesanan serta mengurus pembayaran. Setelah kamu menerima struk pembayaran, kamu hanya perlu duduk manis sambil menunggu kopi pesananmu selesai diracik oleh barista lainnya.

Baca juga : 4 Cara Presiden Jokowi Tingkatkan Industri Kopi Lokal

Setiap kali ke Starbucks, pernahkah kamu memperhatikan warna celemek yang dikenakan oleh barista yang ada di sana?

Sebagian besar pasti menjawab hijau. Ya, warna hijau memang sudah menjadi ikon Starbucks sejak pertama kali dibuka. Dengan gerainya yang tersebar di 75 negara dunia, ada lebih dari 300.000 barista yang mengenakan celemek hijau ini setiap harinya.

Tapi sadarkah kamu, kalau ada juga barista Starbucks yang mengenakan celemek hitam?

Kami yakin, kamu asti cukup sering bertemu dengan barista yang mengenakan celemek ini. Lalu apa bedanya celemek hijau dan hitam yang dikenakan oleh barista? Apakah celemek ini memiliki arti tertentu?

Nyatanya, memang ada perbedaan antara keduanya.

Celemek hitam hanya dikenakan oleh barista yang sudah lulus ujian Coffee Master yang diadakan oleh Starbucks. Tes Coffee Master sendiri akan menguji pengetahuan karyawan mengenai kopi.

Mulai dari jenis kopi, jenis peralatan, teknik seduh, tes tertulis, sampai kemampuan berinteraksi yang baik. Jumlah pengalaman di lapangan juga akan diperhitungkan.

Dan uniknya, banyak orang yang selama ini salah kaprah terkait penyebutan gelar ‘barista’ di gerai kopi Starbucks. Karyawan yang becelemek hijau seharusnya dipanggil dengan sebutan ‘partner’, bukan barista.

Gelar barista hanya diberikan pada karyawan pemegang celemek hitam. Tetapi, banyak orang yang tidak tahu dan menyamaratakan sebutan untuk keduanya.

Selain celemek hitam, ternyata masih ada celemek yang memegang posisi tertinggi di kalangan barista Starbucks, lho. Adalah celemek cokelat, yang hanya dimiliki oleh 5 orang barista terbaik seluruh Indonesia.

Barista pemegang celemek cokelat secara otomatis memegang gelar sebagai Starbucks Coffee Ambassador.

Author: jordan