Ternyata Ini Alasan Minum Kopi Sebaiknya Tanpa Pakai Gula

Ternyata Ini Alasan Minum Kopi Sebaiknya Tanpa Pakai Gula 1

Ternyata Ini Alasan Minum Kopi Sebaiknya Tanpa Pakai Gula – Hitam dan pahit, dua hal ini memang sangat identik dan elekat pada kopi. Mungkin masih banyak orang yang maklum dengan warna hitamnya. Tapi bagaimana dengan rasa pahitnya yang langsung terasa saat menyentuh lidah?Hitam dan pahit, dua hal ini memang sangat identik dan elekat pada kopi. Mungkin masih banyak orang yang maklum dengan warna hitamnya. Tapi bagaimana dengan rasa pahitnya yang langsung terasa saat menyentuh lidah?

Seringkali menambahkan gula ke dalam kopi menjadi alternatif kebanyakan orang untuk menghilangkan rasa pahitnya. Kopi memang terasa phit, tetapi jika dikecap perlahan dan dirasakan dengan mendalam, kopi tidak sepenuhnya terasa pahit. Setiap jenis biji kopi memiliki kekhasannya masing – masing.

Tapi bagi para pecinta kopi, menambahkan gula kerap dianggap sebagai tindakan yang terlarang.

Fonny, Barista Ruang Seduh mengungkapkan kalau minum kopi memang sebaiknya tanpa ditambahkan dengan gula.

“Minum kopi pakai gula ya sama saja dengan minu gula.” uajrnya saat ditemui di coffe shop Ruang Seduh di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Menurutnya jika kopi ditambah denagn gula, maka ekspektasi rasa yang diinginkan dari kopi tidak akan didapat. Rasa khas kopi akan tertutup dengan manisnya gula. padahal, lanjut Fonny, kopi memiliki citarasa yang beragam, seperti rasa buah, pahit, asam, manis, ataupun rasa rempah.

“Selama ini ada juga orang yang menganggap kopi itu asem, sour. Sour itu istilah yang berkonotasi negatif, enggak enak, lalu ditambahin gula supaya enak. kalau kopi diistilahkan acid, asam juga, tapi positif,” tambahnya.

Hanya saja, jangan bayangkan kalau semua rasa kopi ini akan muncul dengan kuat ketika Anda menikmatinya. sama seperti wine yang menyimpan rahasia rasa dan aroma tersendiri di setiap layer kecapannya. Rasa khas kopi juga tersembunyi dibalik rasa pahitnya.

Senada dengan Fonny, barista East Indische Koffie, Agung Yuwandono menyarankan supaya menikmati kopi adanya alias tanpa gula.

“Kopi itu memiliki zat glukosa sendiri, jadi ketika ia dicampur dengan gula, otomatis gula di kopi sendir itu akan naik,” ujar Agung ketika ditemui di acara Urban Life Coffe, Fashion & Sneakers di Mal CIputra Jakarta.

Ia juga berpendapat kalau kopi jenis arabika akan lebih nikmat jika diminum tanpa gula. Sedangkan kopi robusta bisa diminum dengan menambahkan gula. Kopi jenis robusta memiliki rasa pahit yang lebih kuat atau stroong daripada arabika.

“Tidak masalah pakai gula, itu selera masing – masing.” ujarnya.

Author: jordan