Ternyata 30 Menit Sebelum Olahraga Jadi Waktu Terbaik Minum Kopi

Ternyata 30 Menit Sebekum Olahraga Jadi Waktu Terbaik Minum Kopi

Ternyata 30 Menit Sebelum Olahraga Jadi Waktu Terbaik Minum Kopi – Kapan biasanya kamu menikmati segelas kopi, pada pagi hari? Sore hari? Atau malam hari?

Ternyata, waktu untuk menikmati kopi juga harus ditentukan. Kita tidak boleh asal memilih waktu, karena bukannya menyehatkan dan mendapatkan manfaaat, tapi kopi yang kalian minum malah bisa berakibat buruk pada hormon yang ada dalam tubuh.

Bacaj juga : Gunakan Biji Kopi Lokal, Jokowi Puji Kedai Kopi Tuku

Hormon Kortisol merupakan hormon yang dibuat oleh dua kelenjar adrenal dan hormon ini berperan sangat penting bagi tubuh. Kortisol berperan untuk membantu menjaga tekanan darah, fungsi kekebalan tubuh serta proses anti-inflamasi tubuh.

Saat pagi hari setelah seseroang bangun tidur, Kortisol akan berada di tingkat tertinggi. Dan kafein akan berpengaruh terhadap produksi jumlah kortisol di dalam tubuh, sehingga hormon kortisol diproduksi oleh tubuh jauh lebih sedikit saat di pagi hari.

Ini yang menjadi alasan yang menyebabkan meminum kopi pada pagi hari selepas bangun tidur bukan sebuah pilihan yang tepat, karena tubuh akan menjadi lesu dan tak bertenaga.

Seorang ahli gizi dari Australia, Lyndi Cohen memberikan tips waktu yang tepat untuk meminum segelas kopi hangat.

Seperti yang dilansir dari Dailymail, Cohen menyarankan untuk meminum kopi di saat tingkat hormon kortisol dalam tubuh berada level rendah. Jam 10.00 sampai jam 12.00 merupakan waktu terbaik untuk meminum secangkir kopi, karena pada waktu ini hormon kortisol sedang berada di level rendah.

Cohen juga mengatakan untuk melanjutkan meminum kopi dengan makan siang yang sehat, karena penyerapan kafein pada tubuh setiap orang berbeda-beda.

“Setiap orang memiliki toleransi tubuh yang berbeda pada kafein. Tapi sebagai pedoman umum, hindari meminum kopi enam jam sebelum kamu tidur,” ujar Cohen.

Meminum kopi sebelum melakukan olahraga juga menjadi waktu terbaik kafein diserap oleh tubuh. Bahkan beberapa studi pun mengatakan kalau meminum kopi 30 menit sebelum olahraga bisa meningkatkan performa serta tingkat energi yang didapat.

“Kopi secara cepat diserap oleh aliran darah. Kafein akan meningkatkan tingkat metabolisme sebanyak tiga sampai 11 persen sehingga tubuh akan membakar lemak lebih cepat,” ungkap Cohen.

Cohen pun menuturkan untuk membatasi konsumsi kopi dengan tak melebihi 400 mg per hari. Tapi, dikarenakan daya serap tubuh tiap orang berbeda, Cohen menyarankan agar mengecek kesanggupan tubuh masing-masing dalam meminum kopi per harinya.

Author: jordan