Paket Lengkap Liburan di Wisata Kopi Gombengsari

Paket Lengkap Liburan di Wisata Kopi Gombengsari – Tak hanya Kawah Ijen yang terkenal dengan keindahan Blue Fire-nya serta sederet pesona panorama pantai, daerah ujung timur pulau Jawa ini juga menawarkan wisata kopi, namanya wisata Kopi Lego Gombengsari.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Kopi Hutan di Bondowoso

Di sini kamu bisa menikmati hamparan tanaman kopi yang terhampar di hampir semua halaman rumah warga. Para turis, baik lokal maupun mancanegara, bisa menikmati wisata memetik kopi dan memerah susu kambing secara manual. Hijaunya alam, ramahnya penduduk lokal, serta udara yang sejuk menjadi bonus bagi para wisatawan yang memilih paket wisata ini.

Tak perlu khawatir untuk tempat tinggal. Banyak rumah-rumah warga yang bisa disewa dengan harga yang cukup terjangkau dan juga fasilitas yang terjamin.

Anita Homestay contohnya. Rumah dengan bentuk minimalis ini dilengkapi dengan 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang makan,serta 2 ruang tamu. Pada bagian luarnya juga dilengkapi dengan halaman parkir yang cukup luas.

Anita sebagai pemilik homestay menjelaskan, bukan hanya fasilitas itu saja yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Melainkan fasilitas TV, kulkas, dan kompor gas untuk memasak juga tersedia dalam rumah yang disewakannya.

“Kalau ini yah fasilitias kamar 3. Jadinya mereka bebas mau tidur dimana saja dengan fasilitas yang ada dan sudah kami sediakan. Kita kasih rumah. Sudah termasuk TV, kulkas, dan semua fasilitas. Jadinya mereka, tamu, yang menginap itu bebas. Mau nonton TV, mau masak, dan lain-lain, silakan. Monggo,” ujar Anita.

Harga yang ditawarkan juga sangat murah. Cukup dengan membayar Rp 750 ribu per malam, dengan kapasitas maksimal 15 orang dalam satu rumah, sudah bisa menempati homestay itu.

“Rumah 1 hari satu malam gitu saja. Kalau bicara kamar pasti kurang. Kadang orang 15 orang, kadang 10. Jadinya kan kita gak bisa hitung kamar. Itu gak cukup. Biasanya yang saya tawarkan per malam. Rp 750 ribu satu rumah. Tapi maksimal 15 orang,” jelasnya.

Selain itu, untuk makan sehari-hari juga tersedia dalam paket wisata ini. Para tamu dibebaskan untuk memilih apakah menu yang menjadi kesukaan. Sehingga para warga yang bertugas menyediakan makan bisa menyesuaikan selera yang ada.

“Itu nanti kita tanya dulu mau menu apa baru kita kasih harga. Biasanya bisa Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu untuk sekali makan. Nanti makannya disediakan oleh warga sekitar sekaligus makan bersama,” paparnya.

Karena itu, biasanya, para tamu yang datang sering menginap berulang kali karena merasa nyaman dan seolah berada di kampung sendiri. Hal ini karena sistem kekeluargaan yang masih diterapkan oleh warga sekitar Gombengsari.

“Mereka sukanya karena dikelilingi kebun kopi. Yah ada juga yang bilang airnya sejuk. Bikin kerasan, tempatnya nyaman, gitu. Kayak rumah sendiri. Soalnya sistem kekeluargaan yang ada antara masayarkat lokal dan para tamu,” jelasnya.

“Paling lama, ada yang menginap 3 hari. Ada yang 1 minggu bahkan ada yang 12 hari. Walaupun aktivitas (wisata) di luar Kopi Lego mereka gak mau pindah. Di sini lingkungannya ramah dan tim disini welcome dan kita menjamu dengan kekeluargaan. Biar lebih harmonisasi lebih kuat,” imbuhnya.

Author: jordan