Membuat Kopi Tubruk Dalam Waktu 4 Menit

Membuat Kopi Tubruk Dalam Waktu 4 Menit

Membuat Kopi Tubruk Dalam Waktu 4 Menit

Kopi tubruk adalah cara membuat kopi yang paling awam. Di rumah-rumah, kopi tubruklah yang paling sering dihidangkan. Di kantor dan di tempat kerja pun demikian.

Di desa, para petani sering membawa bekal kopi bubuk dan air panas (serta gula) untuk ngopi di ladang. Dalam acara umum seperti pertemuan maupun pengajian, kopi tubruk sering disajikan.

Di Indonesia, kopi tubruk sering diidentikkan dengan si hitam manis. Ya. Setelah ditubruk, kopi sering langsung dicampur dengan gula.

Namun di kedai-kedai kopi (dan baiknya) kopi tubruk disajikan tanpa gula. Ini untuk merasakan langsung karakter kopi yang kita minum. Satu lagi, demi kesehatan

Selain cara membuatnya gampang, kopi tubruk adalah budaya keseharian bangsa Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, cara membuat kopi inilah yang paling sering dipraktikkan di rumah, di tempat kerja, hingga di acara-acara publik.

Sudah siap menyeduh kopi tubruk Anda? Pusing membaca keterangan di atas? Singkat kata, cara membuat kopi tubruk dalam lima langkah adalah:

1. Masak air hingga suhu 89-90 derajat Celcius. Jika tak punya termometer, masak air sampai mendidih dan biarkan 1,5-2 menit.

2. Siapkan kopi yang akan kita seduh. Biasanya sekitar 13-14 gram untuk 200 ml air. Tak punya timbangan? Gampang. Kira-kira dua sendok teh untuk satu cangkir air.

3. Tuangkan air ke kopi. Biarkan 30 detik.

4. Masukkan seluruh dosis air. Biarkan selama 4 menit.

5. Kopi tubruk siap dihidangkan

Author: jordan