Kopi, Senjata Ampuh Untuk Melawan Micro-sleeping Saat Mengemudi

Kopi, Senjata Ampuh Untuk Melawan Micro-sleeping Saat Mengemudi

Kopi, Senjata Ampuh Untuk Melawan Micro-sleeping Saat Mengemudi – Tertidur akibat rasa kantuk yang sudiah tak tertahankan menjadi penyebab utama kecelakaan di jalan raya. Jika ditengok kembali, tidak terhitung jumlah kecelakaan yang terjadi karena pengemudi yang mengantuk. Mulai dari kecelakaan ringan yang masih bisa terelakkan, sampai kecelakaan besar yang merenggut banyak nyawa.

Baca juga : 7 Pemanis Alami Untuk Menjaga Manfaat Kopi Tetap Utuh

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Loughborough University’s Sleep Research Centre terhadap 1.000 orang pengemudi, sebanyak 45 persen pengemudi pria pernah mengalami micro-sleeping ketika berkendara. Sedangkan pada kaum hawa hanya 22 persen.

Apa itu micro-sleeping?

Micro-sleeping adalah kondisi saat seseorang tertidur sejenak, biasanya berdurasi lima sampai sepuluh detik saja. Dan ini terjadi secara mendadak.

Biasanya, sang pengemudi akan tersentak bangun tanpa menyadari kalau sebelumnya ia sudah tertidur. Bisa dikatakan, ini merupakan detik-detik tubuh menjadi blank dan tidak sadar dengan kondisi sekeliling.

Micro-sleeping juga bisa terjadi dengan mata terbuka. Itu karena otaklah yang sedang berada dalam kondisi ‘tidur’. Ini yang membuat micro-sleeping jadi sangat berbahaya.

Seperti yang dilansir dari BBC, Dr. Ilene Rosen, pakar tidur dan profesor dari University of Pennsylvania menuturkan hal serupa.

“Mereka (yang mengalami micro-sleeping) biasanya sedang tak memikirkan apapun,” jelasnya.

Kelelahan dan kurang tidur menjadi pemicu terjadinya micro-sleeping. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk tidak memaksakan diri mengemudi ketika tubuh terasa letih.

Prof Jim Horne dari Loughborough University’s Sleep Research Centre mengatakan kalau kopi merupakan senjata ampuh untuk menghalau micro-sleeping.

“Tidur tak terjadi begitu saja. Kau tak mungkin menyetir dengan segar lalu mendadak tertidur satu menit kemudian. Pasti selalu ada tanda untuk menyadari seberapa mengantuknya kamu,” ujar Jim.

Ketika berkendara dan mulai terasa mengantuk, kamu bisa menepi untuk parkir sebentar. Kamu bisa menenggak segelas kopi atau minuman apapun yang mengandung kafein.

Setidaknya harus ada 150mg kafein yang masuk ke dalam tubuh kamu. Kafein itu akan mulai bekerja 20 menit kemudian, jadi ada baiknya kamu tidur sejenak selama 15 menit.

Ketika terbangun, tubuh dan otak kamu pasti akan berada dalam kondisi jauh lebih segar. Selamat mencoba!

Author: jordan