Kopi Indonesia Semakin Diminati Oleh Warga Taiwan

Kopi Indonesia Semakin Diminati Oleh Warga Taiwan

Kopi Indonesia Semakin Diminati Oleh Warga Taiwan – Taiwan merupakan salah satu pasar potensial ekspor Indonesia. Kini berbagai macam produk dari Tanah Air sudah semakin banyak masuk negara tersebut.

Baca juga : Kapiten Jadi Kopi Terfavorit di Ajang Pameran Kopi Internasional

Berdasarkan catatan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taiwan, kinerja perdagangan Indonesia dengan Taiwan selalu surplus hingga 1 miliar dolar AS.

“Kita memang selalu surplus selama ini hingga di atas 1 miliar dolar AS. Ekspor ke Taiwan Indonesia posisi ke-3 dari negara-negara ASEAN,” ujar Kepala Perwakilan KDEI Taiwan, Robert James Bintaryo, di Taipei, Taiwan, Sabtu malam waktu setempat.

Robert mengatakan saat ini ekspor Indonesia ke Taiwan memang masih didominasi sektor tambang, yakni batu bara. “Mining masih besar, batu bara, timah. Tapi kami melihat juga ada peningkatan ekspor kopi dari Mandailing,” kata Robert.

Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan dalam negeri saat ini meningkat rata-rata 7% per tahun. Secara total ekspor produk kopi olahan Indonesia pada tahun 2014 mencapai 322,6 juta dolar AS, meningkat 10,6% menjadi 356,79 juta dolar AS pada tahun 2016.

Pada periode Januari–Agustus 2017, Total Perdagangan Taiwan dengan Indonesia mencapai sekitar 5,29 miliar dolar AS, dengan total ekspor ke Taiwan 3,18 miliar dolar AS.

Dibandingkan dengan total perdagangan pada periode yang sama tahun 2016 (4,61 miliar dolar AS) maka terjadi peningkatan sebesar 14,72%.

Total ekspor ke Taiwan terdiri dari total impor Minyak dan Gas sebesar 975,39 juta dolar AS dan Non Migas sekitar 2,2 miliar dolar AS. Ekspor kopi Indonesia ke Taiwan sendiri mencapai 14,5 juta dolar AS pada periode Januari-Agustus 2017.

Author: jordan