Kopi Indonesia Semakin Diminati Oleh Pasar Korea Selatan

Kopi Indonesia Semakin Diminati Oleh Pasar Korea Selatan

Kopi Indonesia Semakin Diminati Oleh Pasar Korea Selatan – Masyarakat Korea Selatan memiliki minat yang tinggi terhadap kopi Indonesia. Hal itu terlihat dari ekspor kopi ke Negeri Ginseng sepanjang Januari-Agustus 2017 yang mencapai 9,42 juta dolar AS atau meningkat sebesar 53,01% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Baca juga : Tren Minum Kopi Akan Tetap Eksis 10 Tahun ke Depan di Kalangan Milenial

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Arlinda, mengatakan kalau tingginya permintaan kopi Indonesia di Korsel salah satunya disebabkan karena terus meningkatnya konsumsi akan kopi di sana.

“Media Korsel Yonhap menyebutkan bahwa rata-rata penduduknya mengkonsumsi 500 gelas kopi selama 2016. Hal ini yang mendorong tumbuhnya ekspor kopi dari Indonesia dalam lima tahun terakhir sebesar 14,39%,” ujar Arlinda.

Konsumsi kopi di negara dengan ekonomi terbesar ke-4 Asia ini bahkan meningkat sebesar 25% dalam satu dekade terakhir. Kemendag melihat ini sebagai peluang untuk meningkatkan ekspor kopi ke Korsel.

“Indonesia adalah eksportir kopi terbesar ke-4 dunia. Promosi ini merupakan peluang besar bagi Indonesia untuk membuktikan kualitas dan varian produk yang dimiliki sebagai sourcing destination di Asia dalam memenuhi tingginya permintaan kopi di Korsel,” ucapnya.

Dalam pameran itu, Paviliun Indonesia hadir di lahan seluas 90 meter persegi dengan mengusung tema “Remarkable Indonesia” yang terletak di Hall C nomor 837. Partisipasi ini digagas bersama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM), Kedutaan Besar RI di Seoul, Atase Perdagangan (Atdag) Seoul, dan Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) Busan.

Sebanyak 12 pelaku usaha yang bergerak di bidang industri kopi, coco sugar, dan glassware berhasil melewati proses seleksi dan tampil dalam Paviliun Indonesia. Perusahaan itu di antaranya PT. Pudak Oriental Indonesia dengan merek produk Suji Premium Handcraft (glassware), dan Aroma Ville Coffee.

Selain itu, ada juga PT. Selera Indah Perdana, Ulubelu Coffee, PT. Indokom Citra Persada, Mandehling Coffee Korea, PT. Mekarsari Indo Buana (coconut palm sugar), PT. Fortunium dengan merek produk Ventura Coffee, Manglayang Farmers Group, KBQ Baburrayyan, Koperasi Produsen Arisarina, serta Kenred Coffee.

Pameran Seoul Int’l Cafe Show adalah salah satu platform promosi dan hub kopi terbesar di Asia yang menampilkan ragam produk yang disajikan di kedai kopi atau kafe seperti kopi dan camilan ringan pendamping kopi.

Pameran ini diikuti 600 peserta dari 40 negara dan diperkirakan dikunjungi sekitar 160.000 orang dari 80 negara. Cafe Show 2017 merupakan penyelenggaraan pameran yang ke-16 kalinya dan diadakan World Barista Championship (WBC) untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Pemerintah Korsel melalui Small & Medium Business Corporation (SBC) mendukung partisipasi Indonesia dengan menyelenggarakan one-on-one business matching dengan potensial buyer yang tertarik dengan kopi Indonesia.

“Sebagai upaya memperluas pasar kopi Indonesia, partisipasi kali ini diharapkan dapat membangun hubungan bisnis di antara kedua negara sehingga pada akhirnya mendorong ekspor kopi Indonesia serta produk pendukung kopi lainnya,” tutup Arlinda.

Author: jordan