Kopi Batok Kelapa

Kopi Daun Batok Kelapa

kopi-kawa-daun
Kopi Batok Kelapa – Aneh memang bila kita mendengar meminum kopi dengan gelasnya batok kelapa, namun bagi sebagian kelompok masyarakat, minum daun kopi dengan gelas batok kelapa sudah menjadi tradisi tersendiri.

saat memanen kopi yang akan di hidangkan dengan batok kelapa ini, biasanya mereka juga memanen daunnya, daun kopi akan diolah menjadi minuman yang disebut dengan nama  Kawa Daun dengan cara disangrai sampai kering dan menjadi berwarna coklat kehitaman, kemudian setelah itu direbus dengan tungku dengan bahan bakar kayu selama berjam – jam.

Kopi kawa daun ini biasanya disajikan dengan batok kelapa yang konon akan membuat citarasa kopi ini menjadi lebih nikmat, rasa dari kopi ini mirip dengan sari kacang hijau, biasanya dalam menikmati kopi ini, banyak juga yang mencampurkannya dengan susu, telur itik dan gula aren..

kebiasaan menikmati kopi unik satu ini pada awalnya karena dulu komoditas kopi sangat mahal dan langka sehingga tidak bisa dinikmati oleh orang biasa, oleh karena itu mereka menggunakan daun kopi untuk dijadikan kopi itu sendiri.

Menurut warga kopi ini memiliki banyak khasiat, seperti dapat mengobati penyakit magg, sesak napas dan meningkatkan vitalitas.

Minuman ini banyak ditemui di sekitar kabupaten tanah datar, dan biasanya kamu akan menemui gorengan sebagai teman meminum kopi batok kelapa ini, biasanya kopi batuk kelapa ini disuguhkan dengan alas bambu.

So jika kalian melawati kabupaten tanah datar, jangan lupa untuk mampir sejenak dan menikmati kopi unik ini ya.

Author: jordan