Kim Teng Kedai Kopi Legendaris di Pekanbaru

Kim Teng Kedai Kopi Legendaris di Pekanbaru

Kim Teng Kedai Kopi Legendaris di Pekanbaru – Kenikmatan kopi legendaris sepertinya tak lekang oleh waktu. Itu terbukti dengan hadirnya kedai kopi tradisional yang masih kokoh berdiri hingga sekarang. Kopi Kim Teng misalnya, Kopi yang berada di Pekanbaru itu memiliki garis sejarah yang kuat.

Baca juga : Slank Luncurkan Bisnis Kopi Slankopi di Bali

Semua berawal dari usaha kuliner Tan Kim Teng, seorang veteran kemerdekaan berdarah Tionghoa yang membuka kedaikopi tradisional pada tahun 1950-an. Puluhan tahun sudah berlalu, kini kedai kopi itu telah menjelma menjadi kedai kopi yang disukai kaum urban masa kini.

Untuk menjadi kedai kopi maju bukanlah hal yang mudah. menurut Iwan, pelopor Pekanbaru Heritage Walk, Kopi Kim Teng sempat mengalami pasang surut. Bangunan kopi Kim Teng pernah dibakar oleh serdadu Jepang pada masa perang silam.

Tak ingin berlarut dalam kesedihan, Tan Kim Teng membuka lagi kedai kopinya di sebuah ruko dekat tembok belakang pelabuhan Pelindo. Ia dan keluarganya menyusun kembali seluruh perabotan yang terdiir dari alat memasak, serta meja-meja marmer untuk tempat menyantap makanan para pelanggan.

Menurut Iwan, selain populer akan kopi hitamnya yang pekat, kedai kopi itu juga memiliki menu istimewa lainnya, yaitu roti bakar dengan isian selai srikaya. Mengguankan teknik pengolahan yang tradisional, roti bakar srikaya ala Kopi Kim Teng mennjadi primadona para pelanggan.

“Roti bakarnya itu adalah roti yang ia buat sendiri. jadi saat jam 2 dini hari, merek amnguleni adonan dan memasukkannya ke dalam cetakan. Kemudian jam 3, adonan roti dipanggang. Jam 5 rotinya sudha siap dan diiris setebal 3 cm,”lanjutnya.

Setelah matang, roti itu diolesi dengan mentega dan selai srikaya buatan sendiri. Tapi bagi pelanggan yang ingin menikmati roti panggang gurih, sebuah telur mata sapi akan ditambahkan ke dalam tumpukkan roti tersebut.

Untuk menemani setangkup roti panggang Kim Teng, mayoritas pelanggan akan menyantapnya dengan secangkir kopi hitam panas. Tak lagi menempati ruko dekat tembok Pelabuhan pelindo, kini kopi Kim Teng berada di sebuah ruko luas di dekat Pasar Bawah, tepatnya di Jalan Senapelan 22, Pekanbaru.

Author: jordan