Kenikmatan Biji Kopi Yang Di Dinginkan

Kenikmatan Biji Kopi Yang Di Dinginkan – Ternyata biji kopi yang biasanya di proses saat suhu kopi berada pada posisi yang normal akan memberikan citra rasa pada kopi yang nimkmat. Namun ternyata telah di lakukan eksperimen para peniliti yang berasal dari Universitas Bath, Inggris. Pada awalnya para peniliti tersebut hanya iseng-iseng saja dalam melakuakn eksperimen pada jenis kopi Colonna and Smalls.

Baca juga: Manfaat Kopi Arang

Mereka mencoba untuk menggiling biji kopi yang di simpan dengan berbagai temperatur, mulai dari suhu ruangan -196 derajat celcius sampai melewati titik beku. Ternyata hasilnya biji kopi yang di giling, akan menjadi semakin halus dan beragam ukuran butir-butir biji kopinya yang di hasilkan.

“Kami menemukan bahwa biji kopi yang dingin akan membuat proses penggilingan lebih padat,” jelas Christopher Hendon, peneliti di Departemen Ilmu Kimia Universitas Bath. Menurutnya, metode ini meminimalisasi kemungkinan menyublimnya butir-butir halus biji kopi saat digiling.

“Dari jumlah biji kopi yang sama, bubuk kopi yang didapatkan bisa lebih banyak.”

Selain rasa yang lebih konsisten, rasa yang terekstrak juga akan lebih kaya.

“Rasanya pasti berubah. Soal bubuk kopi, perubahan ukuran sekecil apapun akan membuat perbedaan besar saat diekstrak,” jelas Christopher Hendon, mahasiswa doktoral Ilmu Kimia Universitas Bath.

Tak hanya metode giling dingin. Metode penyeduhan kopi dingin (cold brew) juga akan lebih kuat dari segi aroma dan rasa. Demikian sabda para peneliti asal Britania Raya tersebut.

Hendon dan timnya percaya, penemuan ini dapat berdampak besar pada industri kopi. Menurutnya, tren kopi saat ini, ‘orang-orang tengah berusaha memproduksi minuman berkualitas dengan alat-alat canggih, dan tak segan mencoba hal baru’. Meski suhu kulkas rumah tidak seekstrem -196°C, prinsipnya tetap: semakin dingin biji kopinya, semakin kaya rasanya.

Author: jordan