Jenis Kopi Indonesia Yang Mendunia

Jenis Kopi Indonesia Yang Mendunia – Minuman kopi memang salah satu minuman yang banyak disukai oleh orang diseluruh dunia. Kopi dengan rasa yang berbeda-beda di setiap daerah ini memberikan ragam citarasa yang sangat unik dari setiap jenis kopi. Para pecinta kopi serta barista yang memang ingin menciptakan rasa kopi yang lebih nikmat ini mengenal banyak sekali kopi dari mancanegara dan khususnya Indonesia. Banyak jenis kopi Indonesia yang mendunia dan sangat terkenal. Berikut jenis kopi Indonesia yang mendunia.

Baca juga:  Menikmati Uniknya Rasa Kopi Keju

Kopi Luwak

Anda pasti sering dengar jenis kopi yang satu ini. Kopi luwak termasuk jenis kopi termahal yang pernah ada. Selain mahal, kopi ini mengalami langkah produksi yang cukup aneh. Kopi harus dimakan dulu oleh luwak, kemudian kotoran luwak yang mengandung biji kopi yang nggak tercerna diambil. Banyak orang percaya kalo proses fermentasi biji kopi oleh luwak menjadikan rasa kopi ini lembut dan eksotis.

Kopi Jawa

Kopi Jawa atau “Java” merupakan salah satu jenis kopi yang berpengaruh di dunia sampai-sampai “Java” merupakan slang bahasa Inggris untuk kopi. Produksi kopi di Jawa dimulai pada abad ke-17 oleh pemerintah kolonial Belanda dan Jawa menjadi salah satu produsen kopi terbesar di dunia sejak saat itu.

Kopi Toraja

Kopi Toraja merupakan kopi yang sebagian besar berasal dari Tana Toraja di sekitar daerah Kalosi. Kopi ini sangat terkenal. Kopi toraja adalah kopi yang memiliki kandungan asam rendah dan memiliki badan yang berat. Kopi Sulawesi dan kopi Sumatera memiliki rasa khas yang serupa, seperti rasa tanah dan hutan. Rasa tersebut muncul karena terpengaruh pemrosesan setelah biji kopi dipetik.

Kopi Bali

Kopi Bali atau Kintamani merupakan kopi arabika yang terasa lembut dan manis. Kopi ini diproduksi dalam sistem Subak Abian yang mendorong pengolahan kopi secara organik dan kerja sama. Kopi ini sudah mendapatkan sertifikasi Indikasi Geografis dari CIRAD (Centre de Cooperation en Recherches Agronomiques pour le Developpement/Pusat Kerjasama dalam Penelitian Pertanian untuk Pembangunan Internasional, Perancis) sebagai kopi unik yang berasal dari Bali.

Kopi Lanang

Kopi lanang bukan merupakan satu jenis biji kopi khusus namun sebutan untuk biji kopi yang bulat dan tunggal nggak terbelah seperti biji kopi pada umumnnya. Kopi ini banyak diproduksi di daerah Jawa Timur. Kadar kafeinnya yang sangat tinggi membuat penikmatnya jadi nggak mudah mengantuk.

Kopi Wamena

Kopi Wamena atau kopi Papua pada umumnya merupakan jenis Arabika. Perkebunan-perkebunan yang terkenal berada 15.000 kaki dari pantai dengan suhu 20–25 derajat celsius. Kopi-kopi ini merupakan kopi organik dengan kualitas terbaik. Karena tanah Papua yang masih sangat subur, kopi yang dihasilkan sangat baik. Aroma kopinya harum, halus, dan memiliki after taste (rasa yang muncul setelah minum kopi) yang sangat manis. Di antara kopi Arabika lainnya, kopi ini mengandung kafein paling sedikit.

Author: jordan