Irul, Barista Indonesia yang Juara Dunia

irul-barista-indonesia-yang-juara-dunia

Irul, Barista Indonesia yang Juara Dunia

Satu prestasi membanggakan ditorehkan oleh pemuda Indonesia. Barista dari kedai Umabo bernama M. Choiruddin Syah (25) atau akrab disapa Irul jadi pemenang pertama dalam pertandingan internasional barista Vergnano 2014 (Vergnano Best Barista Competition) di SIAl, Paris, Perancis. Tidak cuma membanggakan, prestasi ini dapat mengagetkan.

Seperti disadari Erie Santausa, Barista Trainer atau pelatih barista dari PT Sukanda Djaya. Ia melatih Irul dengan cara intensif kurun waktu singkat, cuma sekitaran 6 bln.. Walau sebenarnya, terlebih dulu Irul belum sangat mengetahui selak-beluk kopi.

” Sebelumnya kerja di Umabo, dia pegang mesin espresso, namun belum segitunya, ” kata Erie, sebagian waktu lalu. Hal ini dapat disadari Irul, sepanjang tiga th. sebelumnya kerja di Umabo, ia memanglah telah umum memegang mesin espresso, tetapi cuma hanya menjalankannya saja.

” Sekitaran tiga th. saya pegang mesin espresso. Namun, belum sangat memahami kopi seperti disini, “

Ia mengakui juga terperanjat dapat menang. Tidak sebatas menang, Irul juga mencatat rekor sendiri. Di pertandingan internasional barista Vergnano, barista harus bikin 4 espresso, 4 cappucino, 4 espresso macchiato, serta 4 cappucino to go (minuman cappucino yang dibawa pulang, tak diminum ditempat). Hal semacam ini memanglah sedikit tidak sama dengan persyaratan penilaian World Barista Championship.

” Lantaran memanglah rencananya pertandingan yang sesuai sama keadaan di coffee shop. Jadi ada cappucino to go. Bila cappucino to go, peserta dibebaskan dapat buat hingga berapakah gelas. Juga kedai-kedai kopi di Italia senantiasa ada macchiato, ” papar Erie.

Pasti, unsur yang lain seperti sensori serta ketekunan dari racikan, kebersihan, komunikasi, hingga efisiensi kerja serta kecepatan, juga tetaplah jadi penilaian. Tetapi, Irul sukses mencatat rekor bikin 8 cappucino to go beserta minuman yang lain kurun waktu kurang dari 15 menit. Rekor terlebih dulu cuma hingga 6 cappucino to go.

Hal semacam ini sudah pasti mengagetkan, lantaran barista yang biasanya dirajai oleh Italia, saat ini nampak juga jagoan dari Indonesia. Irul ingat pemenang ke-2 serta ketiga yaitu orang Italia. Tahun-tahun terlebih dulu juga juara dikuasai oleh Italia.

” Cocok pengumuman serta Irul jadi juara pertama, tim Italia hingga melongo seperti tak yakin, ” ungkap Erie.

Pihak Umabo sendiri kaget bukanlah main. Lantaran di babak penyisihan Jakarta saja, kompetitor Irul umumnya yaitu beberapa barista memiliki pengalaman dari kafe-kafe populer di Jakarta. ” Bila cocok di Perancis, itu peserta lain terlihat telah berumur-umur semuanya, telah 40-an mungkin saja ya. Terlihat telah memiliki pengalaman, ” kata Irul.

Ia sering berlatih berjam-jam selepas jam kerja di kantor Caffe Vergnano Indonesia yang berdekatan dengan Umabo. Bahkan juga Irul mengakui dalam satu hari mesti minum sampai 8 cangkir espresso untuk berlatih temukan ketekunan.

Caffe Vergnano 1882 sendiri merupaan produsen kopi tertua di Italia serta telah berdiri mulai sejak th. 1882 oleh keluarga Vergnano. Kopi-kopi blend dari Caffe Vergnano dipakai di banyak kafe serta kedai kopi di semua dunia termasuk juga Indonesia.

Sesaat Vergnano Best Barista Competition adalah arena mencari barista paling baik dari kafe serta kedai kopi yang memakai Caffe Vergnano. Mereka datang dari beragam negara. Awalannya yaitu babak penyisihan di tingkat negara itu, lalu berlanjut ke tingkat regional, baru ke babak final.

Th. 2014 ini, penyisihan di Indonesia diadakan di dua kota yakni Jakarta serta Bali. Pemenang dari Jakarta serta Bali bertarung di tingkat regional Asia yang dilangsungkan di Singapura. Irul keluar sebagai pemenang pertama di tingkat Jakarta ataupun regional. Setelah itu final di Paris berjalan pada 20 Oktober 2014 waktu lalu. Irul bertarung dengan finalis yang lain dari Italia, Polandia, Yunani, Slovenia, serta Belarusia.

Di bln. November, Umabo sediakan promo berbentuk gratis kopi untuk pembelian menu Lasagna serta Churros pada jam-jam spesifik. Juga pengunjung dapat ikuti kelas kopi berbarengan Irul di hari serta jam spesifik.

Umabo adalah restoran gourmet fast food yang menyuguhkan menu kombinasi makanan asia yakni rice bowl serta Amerika yakni burger. Sebagai minuman, Umabo juga sediakan menu kopi yang menggunapan product Caffe Vergnano. Umabo ada di Jalan Wijaya 1 Nomer 22, Jakarta Selatan.

Nah, tak perlu jauh-jauh mencicipi espresso khas Italia. Cukup datang ke Umabo serta minta dibuatkan secangkir espresso oleh Irul. Cicipi espresso sembari nikmati Churros. Product Caffe Vegnano demikian khas, umpamanya waktu digunakan untuk bikin cappucino, saat diminum merasa manis lembut walaupun tanpa ada gula. Terlebih bila yang meraciknya Irul, sang barista lokal rasa internasional

Author: jordan