Ini Cara Minum Kopi Yang Benar Agar Terasa Lebih Nikmat

Ini Cara Minum Kopi Yang Benar Agar Terasa Lebih Nikmat

Ini Cara Minum Kopi Yang Benar Agar Terasa Lebih Nikmat – Jika kamu seorang pecinta kopi yang senang menambahkan pemanis, maka kamu perlu waspada. Karena gangguan kesehatan seperti kolesterol dan diabetes siap mengintai mereka yang suka minum kopi dengan gula atau susu.

Baca juga : 8 Mitos Seputar Kopi Yang Beredar dan Belum Tentu Benar

Namun, jangan khawatir. Ada cara yang lebih menyehatkan untuk bisa menikmati secangkir kopi hangat. Gunakan biji kopi yang asli dan hindari pemakaian gula, krim ataupun susu karena cita rasa kopi yang asli akan hilang dengan rasa manis yang lebih dominan.

Lalu, bagaimana cara menikmatinya? Ini cara menikmati kopi yang akan membuat tubuh menjadi lebih sehat:

1. Jangan Gunakan Gula

Kalian semua tahu kalau terlalu banyak mengonsumsi gula bisa menyebabkan gula darah meningkat yang bisa memicu penyakit diabetes. Cita rasa kopi yang sedikit pahit membuat kebanyakan orang menambahkan gula di kopi mereka.

Mungkin jika hanya diminum 1 cangkir per hari tak akan menimbulkan gangguan kesehatan yang signifikan, tetapi hal ini justru akan berbahaya kalau kamu mengonsumsinya lebih dari tiga kali dalam sehari. Ganti penggunaan gula dengan susu rendah lemak atau krim murni yang tak mengandung sirup jagung atau bahan tambah pangan lainnya.

2. Gunakan Biji Kopi Asli

Kalau kalian suka meracik kopi buatan sendiri, maka gunakan biji kopi asli. Hal ini karena biji kopi yang masih utuh memiliki kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan di dalam kopi memang akan teroksidasi usai digiling, tapi jika diminum sesegera mungkin, kamu masih akan mendapatkan manfaat dari kopi tersebut.

3. Pilih kopi Organik

Kopi yang biasa dijual secara komersil biasanya terbuat dari biji kopi yang umumnya memakai pestisida. Banyak dampak negatif yang disebabkan jika bahan pestisida ini masuk ke dalam tubuh. Gangguan kesehatan pun tak bisa terelakkan. Karena itu, pilihlah kopi yang terbuat dari biji kopi organik dan bebas pestisida.

4. Minum Kopi Stelah Makan

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari kopi, sebaiknya minum kopi setelah makan. Kafein akan membuat tubuh melepaskan gula menuju aliran darah, kondisi ini akan menyebabkan pankreas melepaskan insulin dan membuat tubuh mengeluarkan gula yang berlebih.

Saat perut sedang kosong, gula darah bisa turun drastis dan kemudian menyebabkan seseorang ingin mengonsumsi gula lebih banyak. Minum kopi setelah makan akan membuat asupan gula berkurang ke dalam tubuh.

5. Minum Kopi 1 Cangkir Sehari

Kalori di tiap kopi berbeda-beda, tergantung dari tambahan gula, krim atau susu. Untuk menjaga asupan kalori dalam tubuh, sebaiknya kurangi mengonsumsi kopi dengan tambahan pemanis.

Tetapi, bagi kamu yang menyukai kopi murni tanpa tambahan gula ataupun susu, sebaiknya juga membatasi mengonsumsi kopi. Para ahli menganjurkan jika setiap orang hanya mengonsumsi kafein sebanyak 400 mg per harinya.

6. Nikamti Sensasi Meminum Kopi

Hal yang paling penting untuk membuat rasa kopi terasa sangat nikmat ialah dengan cara menikmatinya. Ketika kopi masih hangat, nikmati setiap sesapan kopi itu.

Hilangkan pikiran tentang dampak buruk meminum kopi karena sebenarnya kopi berkhasiat bagi kesehatan jantung. Bagi kamu yang tak memiliki penyakit gangguan jantungg, para ahli menganjurkan untuk meminum kopi setiap hari.

Author: jordan