Informasi Yang Jarang Diketahui Tentang Kopi

Informasi Tentang Kopi

Banyakah informasi yang anda ketahui mengenai kopi? Banyak mitos yang beredar bahwa mengkonsumsi kopi dapat mencegah rasa kantuk karena kafein yang terkandung didalamnya.Dengan menyajikan kopi di pagi hari akan dapat memberikan dorongan energi dalam melakukan aktifitas seharian penuh.

Namun, tahukah Anda tentang bagaimana menggiling kopi yang baik, memilih jenis kopi yang berkafein rendah, serta iformasi lainnya mengenai kopi yang mungkin belum Anda ketahui. Nah, jika Anda termasuk salah satu dari jutaan orang yang minum kopi setiap hari, tidak peduli berapa banyak kafein yang Anda konsumsi, berikut ini beberapa hal menarik mengenai kopi yang harus anda ketahui.

1. Tidak semua merek yang diciptakan sama

Ada sejumlah perbandingan besar miligram kafein per ons dalam beberapa cangkir kopi favorit Anda. Misalnya saja, secangkir kopi dari Starbucks memiliki 20,6 mg kafein yang tentu saja lebih dari dua kali lipat kafein dari McDonald yang hanya memiliki 9,1 mg.

2. Kopi panggang gelap memiliki kafein yang lebih ringan

Kopi panggang gelap Prancis atau Italia mungkin memiliki rasa yang kuat, tapi itu tidak berarti bahwa kopi tersebut mengandung kafein yang kuat pula. Sebab, proses pemanggangan biji kopi menurut penelitian dapat membakar kafein. Serta dibandingkan kopi yang lain, kopi panggang jauh lebih bersahabat dengan kondisi perut.

3. Semua orang memetabolisme secara berbeda

Pengeluaran kafein dari tubuh setiap orang memiliki tingkat yang berbeda. Wanita biasanya memprosesnya lebih cepat daripada laki-laki, perokok memprosesnya dua kali lebih cepat daripada non-perokok, dan wanita yang menggunakan pil KB mencernanya sekitar sepertiga tingkat daripada wanita yang tidak menggunakan pil KB.

4. Metode penggilingan kopi

Jika Anda ingin memperoleh sentakan kafein yang besar dari kopi? Saat menggilingnya, lebih baik gunakan “duri” bukanlah “pisau”. Sebab menggilingnya dengan duri dapat membuat gilingan yang kasar, yang berarti lebih banyak kafein yang keluar dari setiap biji kopi ke dalam cangkir Anda.

5. Kopi reguler lebih baik daripada minuman energi

Anda memerlukan dorongan energi di tengah hari? Memilih kopi reguler akan jauh lebih baik daripada memilih minuman energi, sebab perbandingan kafein dalam minuman energi jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan secangkir kopi reguler (sekitar 80mg kafein dalam 8,4 ons minuman energi, dibandingkan dengan 95 hingga 200mg kafein dalam secangkir kopi), kurangilah gula dan bahan buatan lainnya.

6. Kopi tidak dapat membuat kita dehidrasi

Menurut studi University of Birmingham minum kopi hidrat sama saja seperti Anda minum air, terutama ketika Anda seorang peminum kopi biasa. Peneliti utama dari studi ini yaitu Sophie Killer menjelaskan bahwa asupan kafein secara teratur membuat Anda lebih toleran terhadap efek diuretik potensial. “Tubuh Anda menjadi lebih mampu mengatur asupan cairan dan kurang rentan terhadap setiap kenaikan output urin,” katanya.

Author: jordan