Fakta Unik Kopi Kolombia

Fakta Unik Kopi Kolombia

Fakta Unik Kopi Kolombia

Apa yang kamu bayangkan tentang Kolombia? Gudang aktivis? Kudeta politik? Iya, Kolombia lebih di kenal khalayak sebagai negara yang penuh intrik politik. Tapi, bukan itu yang bakalan Kopling bahas. Ada hal lain yang lebih membuat Kolombia mendunia, yaitu kopi. Hingga kini, Kolombia ada di urutan ketiga sebagai negara pengekspor kopi terbesar di dunia.

Dengan suhu yang cukup sejuk, serta tanah yang subur di sekitar pegunungannya membuat Kolombia ideal untuk menanam kopi. Unesco bahkan mendeklarasikan wilayah perkebunan Kolombia; Antioquia, Caldas, Risaralda, Quindío, Tolima, dan Valle del Cauca sebagai Warisan Dunia untuk perkebunan kopi.

Tapi, kopi bukan perkebunan utama di Kolombia, lho. Perkebunan di Kolombia juga memproduksi kokain. Agak riskan bagi kita bangsa timur, tapi di sana kokain digunakan untuk dicampur dengan teh. Sejarah Kolombia menjelaskan kopi baru ditanam di pegunungan Andes pada abad 18 oleh kaum Jesuit. Ternyata tumbuh subur dan tanahnya ideal untuk menanam kopi. Bahkan di situs resmi colombia.travel disebutkan kalau ada 10 kota di Risaralda yang tanahnya sangat baik untuk tumbuhnya kopi secara optimal.

Kamu tahu kan kalau biji kopi terbaik itu atas gabungan dari lokasi tanaman yang mendukung, jenis yang tepat, dan cuaca bahkan sampai tahap pemetikannya sangat mempengaruhi rasa dari kopi. Petani-petani Kolombia sudah peduli akan hal ini. Kopi di sana diperlakukan secara spesial, untuk memindahkan biji kopi dari kebun ke gudang saja, mereka hanya menggunakan keledai dan mobil khusus.

Perkebunan Kolombia

Ada beberapa tingkatan untuk kopi kolombia. Colombian Supremo adalah jenis tingkatan kopi terbaik produksi Kolombia. Jenis ini memiliki sifat yang lembut, aromatik, dan kemanisan. Tingkatan kedua, Excelso Grade memiliki kepekatan yang lebih ringan dan sedikit lebih asam.

Walaupun penghasil kopi terbesar ketiga di dunia, tapi kopi tidak menjadi konsumsi nomor satu bagi warga lokalnya sendiri. Orang-orang di sana juga senang minum air putih dan teh. Dua jenis kopi yang paling banyak dikenal adalah Arabika, Robusta (Canephora). Tipe kopi arabika dari Kolombia dinilai ringan dan tidak terlalu pahit, oleh karenanya disukai kebanyakan orang. Sekarang, kopi Kolombia penyebarannya sudah mendunia dan mulai dicicipi oleh orang banyak, termasuk Indonesia.

Apakah kamu termasuk pencinta kopi asal Kolombia?

 

Author: jordan