Fakta Kopi Indonesia yang Terus Meningkat dan Menjadi Gaya Hidup

Fakta Kopi Indonesia yang Terus Meningkat dan Menjadi Gaya Hidup

Fakta Kopi Indonesia yang Terus Meningkat dan Menjadi Gaya Hidup – Dahulu, kopi biasanya menjadi minuman wajib orang tua kita. Namun kini, kopi juga telah menjadi minuman favorit kaum muda. Banyak kita jumpai kafe – kafe yang menjadi tempat nongkrong anak muda dengan menu andalan kopi. Sepertinya kedai kopi ini berlomba – lomba menawarkan cita rasa kopi dari berbagai daerah di Indonesia. beberapa kopi INodnesia yang terkenal diantaranya kokpi Lampung, Kopi Mandaling, kopi Kintamani, kopi Gayo, dan kopi Jawa.

Baca juga : 10 Fakta Menarik Kopi Yang Akan Membuat Anda Terkejut

Semakin mmenjamurnya kedai kopi di sejumlah kota besar di Indonesia, menandakan bahwa keberadaan kopi Indonesia sudah populer di masyarakat. Ini berawal dari industri pengolahan kopi di Indoneis yang berkembang dengan pesat. Industri kopi semakin meningkat sehingga membuat kopi menjadi gaya hidup kebanyakan orang saat ini. Jika kopi Indonesia bisa terkenal sampai ke mancanegara, maka nama Indonesia akan semakin dikenal dunia.

Ngopi Sudah Menjadi Budaya Masyarakat Indonesia

Kebiasaan ngopi di Indoneis bukalah suatu hal yang baru. Kopi sendiri sering dijadikan sebagai simbol dari kerukunan. Pada waktu dulu kopi memang sering dikatakan sebagai kegiatan orang tua. tetapi kini dengan menjamurnya kafe – kafe kopi kekinian, kegiatan minum kopi menjadi kegiatan yang seirng dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat, mulai anak muda hingga orang tua

Dengan adanya tren minum kopi, maka banyak pihak yang terbantu terutama dari sektor bisnis dan industri. Banyak orang berani membuka usaha makanan dan minuman, dengan kopi sebagai menu andalannya. Petani juga banyak disejahterakan karena biji kopi Indonesia yang sangat terkenal dan selalu menempati poisisi teratas kopi dunia.

berikut ini fakta industri kopi Indonesia yang berkembang dengan sangat pesat.

1. Peningkatan Produksi Kopi di Indonesia hingga 7% per Tahun

Pemerintah Indoneisa telah memberikan fasilitas di bidang pajak pada investasi industri pengolahan kopi, yaitu berupa pajak penghasilan. Fasilitas ini diberikan untuk beberapa daerah yang berada di luar pulau Jawa. Dan selain itu, Airlangga Hartanto senagi Menteri Perindustrian juga mengatakn kalau pemerintah juga telah menerapkan Standar Nasional Indoneisa pada kopi instan. Peraturan ini berlaku secara efeltif sejak 17 Januari 2016 lalu.

2. Pemerintah Indonesia Menerapkan Harmonisasi Tarid Bea Cukai

Mayoritas kegiatan ekspor untuk produk kopi dari Indonesia dalah jenis kopi instan, ekstrak, konsentrat dan essence. Dan Dan ekspor kopi Indonesia telah merambah ke negara seperti Mesir, Thaiand, Taiwan, Malaysia, Singapura dan Filipina. Pemerintah telah menetapkan harmonisasi tarif bea masuk untuk ekspor tersebut sebesar 20% untuk kopi jenis sangria, bubuk, instan, dan kopi mix. Tujuannya dalah untuk menciptakan kondisi kondusif bagi industri kopi di Indonesia.

3. Pemerintah akan Membantu Industri Kopi kecil Menengah

Industri pengolahan kopi memiliki pelaung besar dan harus dikembangkan. Di Indonesia, masyarakt kita masih memiliki angka yang rendah dalam konsumsi kopi. Angka itu masih jauh lebih rendah dari negara lain yang mengimpor kopi. Contohnya seperti negara Amerika Serikat,

Pemerintah Terus Memberi Dukungan Untuk Industri Kopi UKM

Dari beberpa fakta di atas, Pemerintah Indonesia telah mengambil langkah tepat. Pemerintah akan terus mendung industri pengolahan kopi, khususnya UKM. Dengan begitu kopi dari berbagai negara di Indoneisa akan semakin mudah dikenal di mancanegara. Kegiatan ekspor pun akan semakin meningkat.

Author: jordan