Cara Mudah Membedakan Kopi Asli dengan Kopi Campuran

Cara Mudah Membedakan Kopi Asli dengan Kopi Campuran 1

Cara Mudah Membedakan Kopi Asli dengan Kopi Campuran – Untuk menikmati kopi juga memerlukan wawasan tentan gkopi itu sendiri, apalagi kalau kita mengaku sebagai pecinta kopi. Bagaimana mungkin jika kita menyukai sesuatu yang tak kita kenal? Nah, hal ini yang kerap kita lewatkan, khususnya di Indoensia, yaitu soal membedakan kopi yang benar – benar asli 100% dan kopi campuran.

Baca juga : Tiga Campuran yang Harus Dihindari Ketika Minum Kopi

Sebelum kita membahas tentang perbedaan diantara keduanya, hal yang pertama harus kita lakukan ialah mengenal difat kopi itu seperti apa. pada dasarnya kopi memiliki karakter rasa dan aroma yang kuat. Sehinnga walaupun dicampur dengan bahan apapun, karakter dan sifat dasarnya tak akan berubah dan akan lebih dominan.

Itu yang menjadi alasan kopi campuran sulit unutk dikenali. karena secara rasa dan tampilan kopi campuran mirip dengan kopi asli. Tetapi bagi kita yang ‘sensitif’ dengan rasa dan aroma kopi, pasti akan lebih mudah mengetahuinya.

Itulah kenapa ada kopi yang dijual dengan harga yag terkesan mahal dan ada yang sangat murah sekali. Perbedaannya pun sangat jauh dengan kopi asli 100% yang berkualitas. Kopi tak mungkin berharga sangat murah kalau memiliki kandingan kopi yang benar – benar asli. Dan beberapa produsen kopi murah juga da yang secara fair manpilkan komposisi kopi yang diproduksinya (termasuk bahan – bahan tambahannya).

Bahan tambahan yang biasa dipakai ialah zat nabati seperti jagung, krim, dan essense. Tetapi sayangnya persentase kopi dalam komposisi produk cenderung lebih sedikit untuk menekan biaya produksi. Nah, hal inii yang membuat keaslian kopi semakin sedikit. Masih fair jika produk kopi itu mencantumkan komposisi tambahan di dalam produknya. Tapi bagaimana dengan produsen kopi yang tak mencantumkan banhan – bahan tambahan itu?

Untuk membedakannya Anda bisa mengetahui dari segi rasa maupun aromanya. Kopi murni biasanya mempunyai rasa yang lembut, sedangkan kopi oplosan terasa aroma kimiawinya yan gberasal dari essens.

Jika kopi campuran diseduh dengan air panas, maka akan tercium aroma jagung bakar / beras. Itulah kenapa sering disarankan untuk menyeduh kopi dengan air panas dengan suhu di atas 90 derajat celcius agar aroma yang dihasilkan bisa lebih kuat.

Lalu dari segi rasa, saat diseruput, rasa kopi asli tak akan lama di tenggorokan. Berbeda jika kita menikmati kopi campuran, rasanya akan lebih lama di tenggorokan karena reaksi dari campuran zat essens di kopi itu. Kopi asli juga terasa lebihnyaman di perut jika dibanding kopi campuran karena sebenarnya kopi mengandung zat yang baik bagi kesehatan.

Karena itu disarankan untuk membeli kopi yang benar – benar asli 100% tanpa ada campuran apapun.

Author: jordan