Cara Mudah Melepaskan Diri dari Kecanduan Kopi

Cara Mudah Melepaskan Diri dari Kecanduan Kopi

Cara Mudah Melepaskan Diri Dari Kecanduan Kopi – Bagi sebagian orang, kecintaan terhadap kopi telah berubah jadi sebuah keterikatan. Sudah banyak orang yang merasa kecanduan kopi. Jika tidak minum kopi sehari saja, rasanya tubuh langsung uring-uringan. Biasanya, orang yang kecanduan kopi akan merasakan gejala seperti sakit kepala, gelisah, suasan hati buruk, sampai sulit untuk bisa fokus.

Baca juga : Apakah Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Bisa Memperpanjang Usia?

Lalu, apa yang menjadikan kopi sebagai sebuah minuman yang bisammebuat seseorang kecanduan?

Adalah kafein, zat kimia yang menjadi penyebabnya. Kandungan zat kimia yang satu ini bisa kamu temukan alam tanaman kopi.

Kafein mampu menstimulasi saraf pusat yang ada dalam otak kamu. Dengan mengonsumsi kopi, kamu biasanya akan jadi lebih segar, waspada, berenergi, dan mampu berkonsentrasi dengan lebih baik. Disamping rasanya yang khas dan nikmat, inilah yang menjadi alasan mengapa kopi sangat disukai oleh banyak orang.

Jika sudah terbiasa mengonsumsi banyak kopi setiap hari, otak manusia biasanya akan langsung beradaptasi dengan terjadinya perubahan gelombang pada otak. Sama seperti obat, dosis kafein yang diperlukan oleh tubuh juga akan meningkat seiring waktu, alias kebal.

Dan jika kamu terbiasa mengonsumsi 2 cangkir kopi setiap hari, bukan tidak mungkin dosis kopi itu akan terus meningkat. Secara perlahan, dosisnya bisa bertambah menjadi tiga, empat, hingga lima cangkir kopi.

Manusia sebaiknya tak mengonsumsi lebih dari 200mg kafein atau 2 cangkir kopi dalam sehari. Lalu jika terlanjur kecanduan, apa yang harus kamu lakukan untuk menguranginya?

Kamu bisa mencoba unutk mengurangi jumlah kopi yang kamu konsumsi secara perlahan. Contoh sederhana, jika kamu biasa meneguk 4 cangkir kopi setiap hari, cobalah untuk menguranginya jadi 3 cangkir saja.

Terus lakukan hal yang sama selama kurang lebih 2 minggu. Jika berhasil, baru lanjut ke tahap berikutnya menjadi 2 cangkir sehari.

Kamu bisa terus mengurangi jumlah kopi hingga tidak meminum sama sekali. Jika kamu merasa sulit, mungkin kamu bisa mengganti kecanduan itu dengan mengunyah permen karet rendah gula. Setidaknya, hal ini akan sedikit membantu mengalihkan perhatianmu.

Jika sukses membabat habis kecanduan terhadap kafein, apakah masih boleh mengonsumsi kopi?

Jawabannya adalah boleh. Semuanya tergantung dari pengendalian dan kontrol diri kamu. Sebaiknya, kamu hanya mengonsumsi kopi pada saat membutuhkan saja. Selamat mencoba!

Author: jordan