Cara Meracik Kopi Kapal Api

Cara Menyeduh Kopi Kapal Api yang Nikmat

Resep-Kopi-Kapal-Api

Cara Meracik Kopi Kapal Api yang nikmat dengan gula yang pas memang sebenarnya kelihatan sangat mudah, apalagi kopi sachet biasanya sudah memiliki takaran yang pas.

namun ternyata kopi kapal api juga mempunyai cara tersendiri saat di seduh agar terasa lebih nikmat dari kopi yang biasa kita minum. silahkan di simak cara membuat kopi kapal api dibawah ini.

  • Kopi yang nikmat berasal dari kopi yang segar. Jika Anda memiliki biji utuh kopi, sebaiknya biji kopi tersebut anda tumbuk sesaat sebelum Anda menyeduhnya. Jagalah bubuk/biji kopi dalam tempat yang kedap udara.
  • Ketika menyeduh kopi, didihkan air dingin yang berkualitas. Karena saat menyeduh kopi lebih dari 98% bagiannya adalah air, jadi kualitas air sangat mempengaruhi rasa yang dihasilkan.
  • Perbandingan kopi dan air sangat penting. Disarankan untuk menakar satu sendok makan penuh atau 7gr untuk setiap cangkir(180 ml). Jika kopi Anda terlalu kuat, tambahkan air panas sedikit demi sedikit. Jumlah air yang sedikit menyebabkan kopi terasa pahit(over-extraction).
  • Periksa suhu air pada mesin pembuat kopi Anda. Idealnya adalah 98° C. Jika Anda menggunakan French Press atau Plunger , air sebaiknya dipanaskan dengan pemanas air dan dituang sesaat setelah mendidih. Jangan tuang air yang tengah mendidih ke atas bubuk kopi.
  • Untuk memperoleh rasa dan aroma terbaik, sajikan kopi segera setelah diseduh (kopi akan bertahan selama 20 menit dalam pemanas). Disarankan untuk memindahkan kopi segar Anda ke dalam termos untuk kesegaran yang lebih lama.
  • Jangan lupa untuk memelihara mesin pembuat kopi Anda. Mesin pembuat kopi yang bersih adalah modal utama untuk membuat secangkir kopi nikmat. Bersihkan dengan teratur menggunakan deterjen lembut atau baking soda untuk mengangkat kotoran, lapisan serta minyak.

Sekian Tips Menyeduh kopi kapal api yang memang terdapat di situs resminya,

Author: jordan