Cara Memetik Buah Kopi

Cara Memetik Buah Kopi

memetik-biji-kopi

Cara memetik Buah Kopi – ada beberapa jenis tanaman kopi yang jika buahnya telah matang maka akan sangat mudah rontok, sehingga jika dibiarkan begitu saja makan akan jatuh ke tanah dan buah akan menyerap bau dari atas tanah yang bisa membuat mutu dari biji kopi yang anda panen menjadi turun. salah satu contoh tanaman kopi yang mudah rontok adalah Kopi arabika sehingga dianjurkan untuk segera memetik buahnya begitu terlihat berwarna merah

Buah kopi tidak dipanen serentak, proses pemetikan dilakukan secara bertahap. Berikut ini beberapa cara pemetikan buah kopi:

  • Pemetikan selektif. Pemetikan dilakukan hanya pada buah yang telah berwarna merah penuh atau telah matang sempurna. Sisanya dibiarkan untuk pemetikan selanjutnya.
  • Pemetikan setengah selektif. Pemetikan dilakukan pada semua buah dalam satu dompol. Syaratnya dalam dompolan tersebut terdapat buah yang telah berwarna merah penuh.
  • Pemetikan serentak atau petik racutan. Pemetikan dilakukan terhadap semua buah kopi dari semua dompolan, termasuk yang berwarna hijau dipetik habis. Biasanya pemetikan seperti ini dilakukan diakhir musim panen.
  • Lelesan. Pemanenan dengan cara memungut buah kopi yang gugur berjatuhan di tanah karena sudah kelewat matang.
  • Untuk menjaga produktivitas tanaman kopi, pemetikan harus dilakukan dengan cara yang benar. Cabut buah secara vertikal agar tidak merusak tangkai buah, sehingga akan tumbuh kembali buah pada tangkai tersebut. Memetik buah kopi dengan cara merampas tidak dianjurkan karena bisa merusak tangkai.

Author: jordan