Cara Membuat Kopi Gayo Aceh

Cara Menyeduh Kopi Gayo

cara membuat kopi gayo

Cara Membuat Kopi Gayo Aceh atau Meracik Resep Kopi Gayo yang nikmat seharusnya dibuat dengan cara yang tradisional tanpa perlu menggunakan Mesin pembuat kopi apalagi dengan membuat kopi gayo dengan cara tradisional anda akan dapat merasakan ciri khas yang berbeda dari tiap penyeduhnya beda dengan kopi yang anda seduh dengan mesin.

nah, berikut ini adalah beberapa tips membuat kopi aceh gayo yang sangat terkenal dengan kelezatannya.

Pemilihan bubuk kopi

Anda bebas memilih jenis kopi robusta atau Arabica, terserah saja, sesuaikan dengan selera anda. Bubuk kopi yang saya suka adalah bubuk kopi yang halus. Sehingga saat diseduh, tak ada lagi ampas yang mengambang dipermukaan air.

Suhu air panas

Suhu air panas yang ideal untuk meyeduh kopi adalah antara 90˚ C – 95˚ C.

Untuk mengetahui apakah suhu air sudah ideal atau belum, Anda bisa menggunakan thermometer. Atau Anda bisa mengunakan cara ini, mendiamkan air yang sudah mendidih selama sekitar 1-2 menit, dengan itu akan didapat suhu air yang ideal.

Mencampurkan bubuk kopi dan gula

Untuk membuat kopi seduh yang nikmat, sebaiknya bubuk kopi dicampur dengan gula sebelum di seduh dengan air panas. Perbandingan yang pas, biasanya dengan takaran 1 sendok kopi dicampur dengan 1,5 sampai 2 sendok gula, dan ini berlaku kelipatannya. Campurkan bubuk kopi dan gula dengan merata!

Untuk kopi yang lebih nikmat lagi, Anda bisa gunakan cara mencampurkan air panas dengan gula ke dalam gelas, selanjutnya menuangkan air yang mengandung gula tersebut ke dalam gelas yang berisi bubuk kopi.

Sekarang, satu gelas kopi yang nikmat buatan Anda sendiri sudah jadi. Jika mau lebih nikmat, kopi yang sudah jadi, bisa Anda masak kembali, dengan catatan, jangan sampai airnya mendidih, cukup sampai mengeluarkan busa.

Sekian dulu resep rahasia membuat kopi gayo. semoga bermanfaat.

Author: jordan