Apakah Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Bisa Memperpanjang Usia?

Apakah Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Bisa Memperpanjang Usia

Apakah Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Bisa Memperpanjang Usia? Kopi mampu menjaga kesehatan jantung telah diketahui sejak lama. Cara yang paling tepat untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari secangkir kopi ialah meminum kopi murni tanpa gula, krimer, ataupun susu.

Baca juga : Pemerintah Optimis Kopi Indonesia Mampu Bersaing di Pasar Global

Baru-baru ini, sebuah studi menunjukkan kalau kopi tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan jantung, tapi juga mampu memperpanjang usia hidup seseorang seperti yang dikutip dari Dailymail.

Para peneliti menganjurkan tiga cangkir kopi sehari untuk mengurangi risiko meninggal lebih cepat. Dua penelitian juga dilakukan langsung oleh para peneliti dari Amerika dan Inggris.

Selama ini mungkin hanya kafein yang mampu memberikan manfaat kesehatan tubuh. Tapi, jurnal penelitian hasil studi dari para peneliti menyebutkan kalau kandungan senyawa antioksidan pada kopi merupakan zat ajaib yang dapat memperpanjang usia hidup seseorang.

Bagi pria, meminum kopi 3 cangkir sehari dapat memperpanjang usia hidup hingga 18 persen. Sedangkan wanita yang meminum 3 cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko meninggal dini hingga 8 persen.

Baik di Amerika, Inggris, dan Eropa didapatkan hasil penelitian yang sama. Para peneliti menemukan kalau para peminum kopi mempunyai organ hati yang lebih sehat jika dibandingkan dengan yang bukan peminum kopi.

Kopi memiliki sejumlah senyawa yang langsung berinteraksi dengan tubuh, termasuk, kafein, antioksidan, diterpenes, dan phenolic yang berperan penting dalam mencegah kanker. Para ilmuwan juga yakin beberapa di antaranya bersifat melindungi tubuh.

Walaupun begitu, salah satu peneliti, Dr. Gunter, tak menyarankan masyarakat untuk tak bergantung pada kopi.

Untuk mendapatkan semua khasiat yang diberikan oleh kopi, kamu tetap harus mengimbangi pola makan sehat dan olahraga teratur demi memperpanjang usia hidup.

Author: jordan