7 Pemanis Alami Untuk Menjaga Manfaat Kopi Tetap Utuh

7 Pemanis Alami Untuk Menjaga Manfaat Kopi Tetap Utuh – Jika kamu lebih memilih untuk meminum kopi tanpa pemanis apapun, maka bisa dipastikan kopi yang kamu minum akan memberikan manfaat bagi kesehatan jantungmu. Tetapi, bagi kamu yang lebih suka menikmati kopi dengan gula, susu ataupun krimer, maka sebaiknya carilah gula yang rendah kalori ataupun susu rendah lemak untuk menjaga khasiat dari secangkir kopi.

Baca juga : Resmi! Uni Eropa Lindungi Kopi Arabika Gayo

Beberapa pilihan pemanis tambahan alami seperti susu almond, madu dan kayu manis bisa kamu gunakan sebagai pengganti gula dan krimer. Berikut ini 7 pemanis alami untuk menambah kenikmatan saat menyesap kopi hangat:

1. Madu

Dibandingkan gula, madu mungkin memiliki tingkat kalori yang lebih tinggi. Namun, gula tak mengandung antioksidan yang dimiliki oleh madu.

2. Sirup Maple

Jika kamu lebih sering melihat sirup maple digunakan sebagai teman memakan pancake, kamu juga bisa menggunakan sirup ini sebagai pemanis alami kopi.Kandungan antioksidannya mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel sehat tubuh.

3. Susu Almond

Ganti krimer atau susu full cream yang biasa kamu gunakan untuk membuat kopi susu favoritmu. Selain lebih menyehatkan karena kandungan kalsiumnya yang lebih tinggi, susu almond juga rendah kalori. Kamu juga bisa mencoba menambahkan susu rendah kalori lainnya seperti susu kacang mete atau santan kelapa.

4. Kayu Manis

Jika kamu mencari pemanis alami untuk secangkir kopi yang akan kamu minum, kayu manis menjadi pilihan yang tepat. Kayu manis akan memberikan sensasi rasa pedas manis dan efek yang menghangatkan tenggorokan, serta perut. Selain kaya akan rasa, kayu manis juga rendah kalori dan akan membuat momen meminum kopi terasa lebih nikmat.

5. Stevia

Stevia berasal dari daun stevia yang sudah dikenal sejak lama memiliki tingkat kemanisan yang lebih tinggi daripada gula biasa. Perbandingan jauhnya tingkat kemanisan ini membuat stevia menjadi pemanis alami yang jauh lebih menyehatkan. Taburi kopi kamu dengan bubuk stevia untuk mendapatkan rasa manis alami dari secangkir kopi yang kamu minum.

6. Krimer Buatan Rumah

Kamu mungkin tak pernah bisa lepas dari menuangkan beberapa sendok krimer ke dalam secangkir kopi. Jika kebiasaan ini masih melekat, maka buatlah krimer sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang tentunya lebih menyehatkan.

Gunakan kurma dan juga susu almond untuk membuat krimer sehat ala rumahan. Krimer ini bisa kamu simpan di dalam kulkas dalam waktu yang lama sehingga kamu bisa menuangkannya kapan saja saat ingin meminum kopi.

7. Bubuk Kakao yang Tidak Manis

Bubuk kakao juga bisa kamu gunakan untuk menambah kenikmatan kopi yang kamu minum. Namun, kamu harus bijak dalam memilih bubuk kakao yang pas untuk diminum bersama kopi.

Pilihlah bubuk kakao yang tidak mengandung gula alias bubuk kakao murni dan tambahkan ke dalam secangkir kopi. Manfaat kesehatan bisa kamu dapatkan dari perpaduan ini, yakni kesehatan jantung dan suplaian antioksidan dari bubuk kakao.

Author: jordan