5 Fakta Unik Kopi Luwak Indonesia

5 Fakta Unik Kopi Luwak Indonesia

Kopi Luwak Indonesia

5 Fakta Unik Kopi Luwak IndonesiaCita rasa serta aroma kopi luwak yang khas, saat ini telah makin popular di kelompok orang-orang dunia. Kopi yang didapat dari fermentasi buah kopi pilihan didalam system pencernaan hewan bernama latin Paradoxurus hermaphroditus ini demikian terkenal lantaran sensasi kenikmatannya yang khas serta tanpa ada tanding. Rasa kopi Arabica Supremo ala Kolombia atau Blue Mountain ala Jamaika mungkin saja tak ada apa-apanya di banding kelezatan kopi yang satu ini. Tetapi, di balik kelezatan kopi luwak itu tersimpan sebagian kenyataan yang mungkin saja ada banyak orang belum tahu. Penasaran, apa sajakah kenyataan yang dipunyai kopi luwak? Di bawah ini pemaparannya :

1. Product Indonesia Asli

Ya, kenyataan pertamanya yaitu kopi luwak adalah product asli Indonesia. Janganlah tak yakin. Ini memanglah fakta lho! Kopi luwak mulai pertama kalinya diketemukan di Pulau Jawa pada th. 1806 waktu aplikasi tanam paksa (Cultuur stelsel) oleh pemerintah penjajahan Belanda.

2. Diketemukan dengan cara Tak Sengaja

Yakin atau tak, penemuan kopi luwak berlangsung dengan cara tak berniat. Beberapa petani yang dipaksa menanam tanaman kopi waktu Cultuure stelsel tak diijinkan menuai buah kopi untuk mengkonsumsi sendiri. Lantaran penasaran mereka memunguti biji kopi kering yang tercampur dengan kotoran luwak. Sesudah di proses serta diminum, nyatanya kopi kotoran luwak ini rasa-rasanya tambah lebih nikmat di banding dengan olahan kopi yang biasanya

3. Product Kopi Termahal di Dunia

Tidak banyak yang tahu bila kopi termahal yang ada didunia datang dari Indonesia. Ya, sekurang-kurangnya sampai sekarang ini kopi luwak masihlah jadi product kopi termahal didunia. Dibanding dengan product olahan kopi yang umum, harga kopi luwak dapat meraih kelipatan yang begitu penting. Sebagai contoh, untuk 1 kg kopi sangrai kwalitas premium kita cukup membayar pada Rp. 100. 000, – hingga Rp. 200. 000, -, sedang untuk 1 kg kopi luwak sangrai kwalitas standard kita mesti membayar minimum Rp. 1. 000. 000, -. Dibeberapa tempat di Eropa, kopi luwak bahkan juga di jual dengan harga Rp. 1. 120. 000, – untuk tiap-tiap cangkirnya.

4. Paling Laku di Dunia

Walau harga nya begitu mahal, keinginan kopi luwak sampai sekarang ini tetap masih tinggi. Walau segmentasi pasar product kopi yang satu ini terbatas pada orang-orang kelompok ekonomi menengah ke atas, tiap-tiap th. Indonesia senantiasa tak dapat penuhi kuota ekspor kopi luwak yang diingibnkan.

5. Dijiplak oleh Malaysia serta Thailand

Lantaran harga nya yang mahal serta keinginan yang tinggi, kopi luwak mulai dilirik untuk diperkembang sebagian negara produsen kopi yang lain seperti Malaysia serta Thailand. Mereka mulai mengupayakan produksi kopi luwak biarpun pasar Eropa, Jepang, China, serta Amerika tetaplah berasumsi kopi luwak paling baik yaitu kopi luwak Indonesia.

Author: jordan