5 Bahan Aneh Yang Ditambahkan Ke Dalam Kopi

5 Bahan Aneh Yang Ditambahkan Ke Dalam Kopi

Kita semua tahu bila kopi terasa sangat nikmat bila diseduh air panas dengan sedikit tambahan gula secukupnya. Bagi yang suka, bisa ditambah dengan sedikit krimer. Bila tak suka membuat kopi bubuk sendiri karena ragu-ragu dengan takaran yang pas, ada kita bisa membuat memilih membuat kopi instan dengan berbagai varian rasa. Tinggal masukkan ke dalam cangkir lalu tuang dengan air panas, jadilah secangkir kopi yang tak kalah nikmat.

Di belahan dunia yang lain, ternyata tidak hanya gula dan krimer saja yang sering ditambahkan ke dalam secangkir kopi untuk menambah kenikmatan. Ada berbagai benda yang terkadang bagi kita sangat aneh dan tidak ada hubungannya dengan makanan atau minuman.

Berikut ini adalah 7 bahan aneh yang sering jadi tambahan secangkir kopi dari berbagai belahan dunia:

1. Arang Membara

Ada ungkapan berkembang, belum dikatakan penikmat kopi sejati jika belum pernah mencoba nikmatnya kopi yang satu ini. Namanya kopi Joss, sajian istimewa yang banyak ditemukan di Yogyakarta. Cara membuatnya sebenarnya sama dengan cara kita membuat kopi, yaitu kopi bubuk diseduh dengan air panas dan ditambah gula secukupnya. Bedanya, setelah itu kopi Joss dimasukkan arang yang masih membara merah hingga terdengar bunyi “Josss”. Setelah mati total, barulah arang dikeluarkan dan kopi siap diminum.

Arang Membara

Sudah banyak angkringan yang menjual kopi selalu menyediakan kopi Joss ini. Makanya, bila ke Yogyakarta jangan lupa untuk mencoba nikmatnya kopi unik ini.

2. Garam

Garam

Bila biasanya garam kita gunakan sebagai rajanya bumbu masak, lain dengan di Ethiopia. Disana garam biasa dicampurkan ke dalam sajian minuman kopi agar rasa pahit khas kopi berkurang, namanya kopi Buna. Selain itu, adab minum kopi disana juga unik. Tak hanya satu porsi, kopi disajikan sebanyak 3 porsi sekaligus dan itu harus dihabiskan. Bila tidak, akan dianggap tidak sopan.

3. Ludah Monyet

Ludah Monyet

 

Pada mulanya tingkah laku monyet dari spesies Formosan Rock di Taiwan ini dianggap mengganggu karena suka makan biji kopi yang di tanam disini. Tapi warga akhirnya tahu kalau biji kopi yang diludahkan para monyet memiliki rasa seperti vanila yang cukup kuat. Jadilah kopi semacam ini dibudidayakan dan dijadikan minuman istimewa namanya kopi ludah monyet.

4. Potongan Keju

Potongan Keju

Keju tak hanya istimewa sebagai bahan makanan penuh nutrisi. Di Finlandia, potongan keju biasa ditambahkan dalam sajian kopi. Jenis keju yang dipakai adalah Leipäjuusto, keju tradisinonal terbuat dari susu rusa kutub. Wajar bila sajian minuman kopi bercampur potongan keju ini sangat istimewa. Orang – orang menyebutnya kopi KaffeOst. Cara menyantapnya mirip dengan cara makan bakso orang Indonesia, habiskan dulu mie-nya baru baksonya belakangan. Habiskan dulu kejunya sebelum kopi benar-benar habis.

5. Kotoran burung

Kotoran Burung

Berlokasi di Brazil, Amerika Selatan, ada sajian kopi yang diambil dari kotoran burung namanya Jacu Bird Poop Coffee atau kopi kotoran burung Jacu. Burung Jacu adalah salah satu spesies burung di Amerika Selatan yang populasinya sudah sangat langka. Burung ini suka memakan tanaman kopi para petani terutama jenis mocha merah yang telah matang dan juga buah berry. Biji kopi yang dikeluarkan oleh burung Jacu setelah melalui proses pencernaan ini kemudian di jadikan sajian kopi dengan cita rasa yang makin mantap.

Itulah 5 bahan aneh yang sering jadi tambahan secangkir kopi dari berbagai belahan dunia. Jika tertarik, Anda bisa mencobanya di rumah. Selamat ngopi.

 

Author: jordan