4 Cara Mengetahui Biji Kopi yang Fresh

4 Cara Mengetahui Biji Kopi yang Fresh

4-cara-memilih-biji-kopi

Biji kopi fresh yang fresh roasted memanglah harga mutlak untuk membuat secangkir kopi enak.

APA saja yang disenangi beberapa pengagum dari secangkir kopi, dari mulai rasa hingga aromanya, bagaimana juga datang dari sistem roasting. Memanglah, saat biji kopi dipetik ia telah mempunyai rasa bawaan. Namun sistem roasting-lah yang “paling berjasa” untuk keluarkan beberapa ciri-ciri khusus dari biji kopi. Ibaratnya, sistem roasting tersebut yang memuaikan rasa-rasa unik sejenis karamel, bunga atau buah-buahan pada kopi.

Tetapi, seperti beberapa produk dari organisme hidup yang lain, biji kopi juga rawan pada ‘penuaan’. Makin lama kopi yang di-roasting terkena hawa, jadi makin alami penurunan juga mutunya serta bahkan juga rasa-rasanya juga turut berkurang. Tersebut penyebabnya, banyak pakar kopi merekomendasikan supaya kita menyeduh kopi fresh yang barusan di-roasting. Dalam makna, kopi itu bukanlah yang sudah disimpan sepanjang berbulan-bulan terlebih bertahun-tahun. Maksudnya terlebih bila bukanlah untuk memberi Anda secangkir kopi nikmat yang kesannya tidak bakal terlupakan.

Masalahnya, bagaimana langkahnya supaya dapat mengetahui biji kopi fresh yang baru di-roasting itu? Tidakkah nyaris semuanya biji kopi mempunyai bentuk yang hampir sama? Santai, seruput secangkir kopi dahulu. Serta baca selalu artikel ini.

1. Penampilannya mengkilap

Bubuk kopi pada intinya mempunyai kandungan ‘minyak’, acidity, serta komponen-komponen kimia alami yang lain. Saat diseduh, kandungan ini umumnya lebur lantas melahirkan ciri-ciriistik-karakteristik yang lalu kita kenal dengan flavor, notes serta after-taste. Saat biji kopi di-roasting, paparan panas dari roaster bakal menguapkan kelembapan dari inti biji, lantas dengan cara simultan keluarkan beberapa zat yang memiliki bentuk serupa minyak serta lalu ‘melapisi’ sisi luar biji kopi. Nah makin lama biji kopi terekspos dengan hawa, jadi bakal makin tampak ‘kurang berminyak’ atau mengkilap juga biji kopi itu.

2. Check residunya

Bila Anda menggenggam sekepalan biji kopi, cobalah saksikan di telapak tangan Anda. Atau, saksikan dibagian basic paper bag pembungkus biji kopi itu. Bila Anda temukan serbuk, atau sejenis ‘remahan-remahan’ biji kopi, jadi dapat di pastikan kalau biji kopi itu fresh serta baru di-roasting. Tetapi, butuh diingat juga kalau ‘kadar minyak’ pada biji kopi yang light roasted berbeda dengan yang dark roasted lho ya. Kopi yang light roasted tak semengkilau yang dark, juicet FYI.

3. Teliti katup hawa pada sealed bag

Saat biji kopi di-roasting pada suhu panas tinggi lantas didinginkan, biji kopi bakal keluarkan beberapa karbon dioksida (CO2). Sistem pengeluaran gas CO2 ini dapat berjalan sepanjang sekian hari hingga sebagian minggu sesudah roasting. Dalam dunia kopi, sistem ini dikenal juga dengan arti periode degassing, atau bebrapa saat pelepasan gas.

Dalam sekian hari pertama, biji kopi bakal keluarkan CO2 begitu cepat. Nah, saat biji kopi yang tengah aktif-aktifnya keluarkan gas ini dibungkus dalam paper bag tersegel, gas CO2 yang dilepaskan itu pasti bakal mencari celah untuk keluar. Oleh karena itu banyak bag pembungkus kopi juga memasukkan one-way air valve, atau katup hawa satu arah, di dalamnya supaya dapat menolong CO2 lepas dengan bebas.

Bila Anda temukan sealed bag kopi tak mempunyai katup hawa, dapat di pastikan kalau biji kopi itu tak fresh lantaran CO2 yang dilepaskan pasca roasting tadi terjebak didalam bag.

4. Bila beli dalam jumlah besar, cobalah teliti lewat kantong resealable bag

Mungkin Anda menjumpai petani kopi dengan cara segera lantas beli biji kopi dalam jumlah besar serta belum dibungkus. Untuk menandai apakah biji kopi itu masihlah fresh atau tak, cobalah masukan sedikit sisi dari biji kopi kedalam kantong plastik yang resealable. Sesudah dimasukkan, press kantongnya hingga betul-betul kempes serta tak diisi hawa, lantas segel serta biarlah semalaman. Bila di esok harinya Anda temukan kantongnya mengembang, jadi biji kopi itu umumnya masihlah fresh serta saat roasting-nya masihlah sekitar dalam rentang 14 hari. Namun bila kantongnya tetaplah kempes seperti yang lalu, so sorry to say, biji kopi itu telah tak demikian fresh lagi.

Author: jordan